Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak masyarakat untuk mendukung kerja-kerja organisasi Palang Merah Indonesia (PMI).

"Mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan kepada palang merah Indonesia dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, baik dalam negeri maupun di luar negeri, dengan semangat kemanusiaan dan penghargaan terhadap hak asasi manusia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan Bamsoet terkait Peringatan Hari Palang Merah Internasional yang diperingati pada 8 Mei tiap tahunnya. Peringatan Hari Palang Merah Internasional tahun 2023 mengusung tema "Everything we do comes #fromtheheart" atau "Semua yang kami lakukan berasal #darihati".

Bamsoet juga meminta pemerintah, yakni Kementerian Kesehatan untuk saling mendukung kegiatan dan program Palang Merah Indonesia.

Baca juga: PMI peringati hari relawan internasional tsunami Aceh

Baca juga: Hari Palang Merah Internasional PMI fokus putus mata rantai COVID-19


Dia mencontohkan dukungan itu seperti menyiapkan stok darah untuk kegiatan donor darah, termasuk berpartisipasi dalam memberikan bantuan jika terjadi bencana dan memberikan bantuan berupa obat-obatan serta bantuan lainnya.

Selain itu, dia meminta PMI bersama pemerintah daerah memberikan sosialisasi gerakan palang merah dan mengajak semua masyarakat untuk terus menumbuhkan jiwa kemanusiaan, di antaranya seperti menolong korban bencana alam, donor darah, dan menumbuhkan karakter pada generasi muda melalui palang merah remaja.

Dia juga berharap momentum peringatan Hari Palang Merah Internasional agar masyarakat bersama PMI dapat bergerak melakukan tindakan nyata, dari hati untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

"Dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, serta bergerak cepat dalam memberikan bantuan penanganan bagi masyarakat yang membutuhkan," pesan Bamsoet.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023