Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo menyiagakan Kapal Tunda Jayanegara 306 di Pelabuhan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dukung pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan kehadiran kapal tunda tersebut merupakan komitmen Pelindo dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dan mendukung pemerintah Indonesia dalam menyelenggarakan KTT ASEAN.

"Kami berharap kehadiran kapal tunda ini dapat membantu kelancaran operasional kapal-kapal yang akan datang ke Pelabuhan Labuhan Bajo selama pelaksanaan KTT ASEAN," ujar Ardhy dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Bandara Samrat siap jadi alternatif parkir pesawat delegasi KTT ASEAN

Kapal tunda milik Pelindo itu memiliki kemampuan untuk membantu kapal-kapal besar dan kecil dalam bermanuver di perairan Pelabuhan Labuan Bajo. Dengan dengan dilengkapi dua mesin berkapasitas daya masing-masing 1.500 horse power (hp), kapal tunda itu dapat membantu kapal-kapal untuk bermanuver dengan aman dan cepat.

Ardhy menginformasikan, Kapal Tunda Jayanegara 306 sudah tiba di Pelabuhan Labuan Bajo sejak Selasa (2/5) dan akan bersiaga hingga pelaksanaan KTT.

Sebelumnya, kapal tersebut sudah melayani proses sandar KRI dr. Soeharso milik TNI AL yang sudah tiba di Labuan Bajo.

"Selain itu, kapal tersebut juga akan membantu kelancaran proses sandarnya KM Sinabung dalam waktu dekat," ucap Ardhy.

Selain menempatkan Kapal Tunda Jayanegara 306, dalam upaya menyukseskan KTT ASEAN, Pelindo Cabang Labuan Bajo juga akan melayani penyandaran KM Sinabung milik PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni yang akan dijadikan hotel selama pelaksanaan KTT ASEAN.

Selain itu, Pelindo juga telah mempersiapkan infrastruktur seperti lapangan penumpukan dan fasilitas pendukung lainnya untuk memastikan kesuksesan KTT ASEAN.

Baca juga: ITDC pastikan MICE Golo Mori siap jadi lokasi side event ASEAN Summit

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2023