Phnom Penh (ANTARA) - Pelatih Vovinam Indonesia Ni Made Suparmi mengatakan anak-anak muda yang mulai menaruh minat pada cabang olahraga tersebut ikut mendorong regenerasi atlet nasional.

Vovinam rupanya memiliki kedekatan dengan seni dan cabang olahraga bela diri lain seperti silat hingga taekwondo.

"Kami sangat terbuka dengan mereka dari seni atau cabang olahraga bela diri lainnya. Untuk saat ini cukup banyak yang bergabung dan kami terbuka dengan siapa saja yang mau belajar vovinam untuk kemudian dikondisikan dengan aturan-aturan yang dimiliki oleh vovinam itu sendiri," kata Suparmi kepada ANTARA di Phnom Penh, Minggu.

Regenerasi yang tengah diupayakan oleh Suparmi dan Federasi Vovinam Indonesia juga semakin matang, terbukti dengan diturunkannya sejumlah atlet junior pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja, pekan ini.

"Regenerasi kami sudah terbuka. Ada beberapa atlet junior yang juga tengah dipersiapkan untuk kejuaraan-kejuaraan mendatang. Saat ini, ada empat atlet junior yang statusnya masih pelajar," kata Suparmi yang merupakan mantan pesilat tersebut.

"Jadi, ini adalah kesempatan luar biasa dan mudah-mudahan kami bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Manik kembali tambah medali emas untuk Indonesia

Adapun cabang olahraga vovinam telah menorehkan prestasi bagi Indonesia dari berbagai kejuaraan termasuk kejuaraan multicabang sejak 2009. Di SEA Games ke-31 di Vietnam tahun lalu, cabang olahraga itu ikut menyumbangkan medali emas untuk Tanah Air.

Sementara pada SEA Games Kamboja tahun ini, per Minggu (7/5) pukul 12.09 WIB, vovinam telah mempersembahkan dua medali emas dan lima medali perunggu.

Manajer Tim Nasional Vovinam Isnaldi Muhammad Dini mengatakan capaian prestasi dari cabang olahraga bela diri tradisional Vietnam itu semakin kuat dengan masuknya Federasi Vovinam Indonesia ke anggota Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) baru-baru ini.

Ia berharap, langkah tersebut bisa meningkatkan dan membawa Indonesia maju lebih jauh untuk menorehkan prestasi di kancah internasional.

"Jadi tentu saja harapan kami adalah agar atlet-atlet kami bisa berprestasi lebih baik lagi. Mudah-mudahan, mohon doanya," kata pria yang juga Wakil Ketua Umum Federasi Vovinam Indonesia itu.

Baca juga: Vovinam persembahkan emas ketujuh untuk Indonesia di SEA Games 2023
Baca juga: Sorot lampu mobil terangi upacara pengalungan medali SEA Games


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023