Jakarta (ANTARA) - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia menggelar turnamen golf di Jakarta, Minggu, untuk memperkuat jejaring lembaganya dengan kementerian, lembaga, dan para alumni Lemhannas yang tidak hanya pejabat dari dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto saat ditemui pada sela-sela turnamen menjelaskan dia sengaja memilih golf, karena olahraga itu dapat dimanfaatkan oleh Lemhannas untuk berjejaring dan memperkuat kemitraan.

“Golf salah satu bagian dari olahraga yang memudahkan kami untuk berjejaring baik dengan kementerian, lembaga lain maupun dengan korporasi,” kata Andi Widjajanto di lokasi turnamen, Jakarta, Minggu.

Oleh karena itu, selain menggelar turnamen golf, Lemhannas juga meluncurkan Lemhannas Golf Club, yang tujuannya membuat aktivitas berjejaring melalui olahraga golf menjadi kegiatan yang rutin.

“(Lewat Lemhannas Golf Club, red.) akan diusahakan, kami, memiliki agenda-agenda rutin dengan Persatuan Golf Indonesia sehingga event ini bisa masuk agenda golf (PGI),” kata dia.

Baca juga: Lemhanas: Keluarga berkualitas fondasi RI hadapi krisis global

Turnamen golf di kawasan Halim Perdanakusuma itu diikuti kurang lebih 200 orang, yang di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, serta para pensiunan perwira tinggi TNI, dan para alumni Lemhannas.

Tidak hanya itu, beberapa warga negara asing, yang merupakan peserta didik di Lemhannas juga ikut berpartisipasi dalam turnamen golf.

“Tiap tahun di pendidikan reguler Lemhannas ada peserta dari negara asing. Tahun ini kami ada sembilan peserta dari negara asing, dan juga hadir para peserta Lemhannas dari pendidikan reguler dan pendidikan singkat tahun ini,” kata Gubernur Lemhannas menjawab pertanyaan ANTARA.

Dia menambahkan para peserta didik itu dari Zimbabwe, Sri Lanka, India, Pakistan, Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Malaysia, dan Laos.

Tidak hanya turnamen golf, Lemhannas juga menggelar berbagai kompetisi olahraga seperti futsal dan badminton untuk memeriahkan HUT Lemhannas Ke-58 yang puncak perayaannya diperingati tiap 20 Mei.

Walaupun demikian, rangkaian kegiatannya telah berlangsung sejak Maret 2023 dan akan berakhir sampai dengan Agustus 2023.

Baca juga: Gubernur Lemhannas harap ada kematangan politik saat Pemilu 2024

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023