Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Taman Sari, Jakarta Barat melakukan alih fungsi rumah dinas menjadi puskesmas yang ditandai dengan acara serah terima aset pada Minggu.

Lurah Taman Sari, Abdul Malik Raharusun mengatakan selama ini rumah dinas yang beralamat di Jalan Mangga Besar IV C, No 7, Kelurahan Taman Sari, Jakarta Barat,  ditempati ahli waris dari almarhum Ahmad Kodir.

Di lokasi yang sama, Camat Taman Sari, Agus Sulaiman mengatakan proses serah terima aset dilakukan dengan cara persuasif dan kekeluargaan.

Rumah dinas hasil serah terima ini akan dimanfaatkan untuk kepentingan warga Kelurahan Taman Sari, jelas Abdul Malik.

"Aset rumah dinas Kelurahan Taman Sari tersebut rencana akan dipakai sementara untuk Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) Kelurahan Taman Sari yang akan direhabilitasi total pada 2023. Sementara itu, keluarga ahli waris Almarhum Ahmad Kodir, akan direlokasi menempati Rusunawa Karang Anyar, Jakarta Pusat," ungkap Salaiman dalam acara serah terima rumah dinas di Kelurahan Taman Sari.

Salaiman melanjutkan pemerintah bisa saja menggunakan pendekatan aturan dan memaksa tetapi pihaknya lebih memilih jalan persuasif dan kekeluargaan untuk menyelesaikan masalah ini.

"Sebagai solusi, pihak kelurahan dan pihak kecamatan juga membantu pihak ahli waris mendapatkan satu unit rumah susun sewa Karang Anyer untuk ditinggal mengingat kondisi keluarga ahli waris yang sedang sakit," tandas Sulaiman.

Ia berharap, apa yang dilakukan oleh Kelurahan Tamansari selama proses dialog ini dapat menjadi acuan bagi kelurahan  lain di lingkungan Tamansari untuk  menyelesaikan persoalan, penguasaan, dan pengambilan aset pemerintahan.

Abdul melanjutkan, proses pengambilalihan aset ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST).

"Kami mengucap terimakasih  kepada ahli waris almarhum Ahmad Kodir dan seluruh pihak yang terlibat secara baik selama proses silahturahmi dan dialog sampai proses serah terima aset berjalan dalam suasana keakraban," ujarnya.
Baca juga: Polsek Taman Sari tangkap dua polisi gadungan di kawasan Kota Tua
Baca juga: Kecamatan Taman Sari fasilitasi ratusan PKL di kios Kota Tua
Baca juga: Pemkot Jakbar gelar buka puasa bersama di wihara Dharma Bhakti

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023