Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani akan tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, bersama delegasi DPR RI pada Senin malam, untuk menghadiri acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN dalam kapasitasnya sebagai pimpinan parlemen Indonesia bersama ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang merupakan forum parlemen negara-negara ASEAN.

Puan memastikan komitmen AIPA bersama ASEAN untuk meningkatkan kapasitasnya dalam menjawab berbagai tantangan regional dan global, serta memantapkan posisinya sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi kawasan untuk kemakmuran rakyatnya.

"AIPA diberi mandat untuk mempromosikan solidaritas, pengertian, kerja sama, dan hubungan dekat di antara negara-negara anggota ASEAN. Ini berfungsi sebagai platform bagi kami, parlemen anggota ASEAN untuk menjalankan fungsi diplomasi parlementer kami, termasuk berbagi perspektif dan menjajaki cara baru untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ketua DPR akan angkat isu PMI dalam KTT Ke-42 ASEAN

Baca juga: Presiden Jokowi kembali serukan penghentian kekerasan di Myanmar


Selain kerja sama terkait AIPA, Puan menyebut juga akan mengangkat isu mengenai perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk memperoleh solusi atas maraknya kasus kekerasan yang menimpa PMI dalam KTT Ke-42 ASEAN.

"Kita tidak bisa berjuang sendiri menyelesaikan permasalahan lintas negara, tentunya harus ada kolaborasi antarnegara supaya memperoleh solusi yang efektif karena PMI sering menjadi korban perdagangan orang yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Puan menyebut DPR RI akan mengawal pula berbagai isu dalam agenda KTT Ke-42 ASEAN, di antaranya penyusunan visi pasca-2025, perkembangan situasi di Myanmar, pemulihan ekonomi pascapandemi.

"(Serta) penguatan arsitektur kesehatan di kawasan, di luar kawasan, dan penandatanganan ASEAN Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA)," imbuhnya.

Baca juga: RI usung pembahasan pemberantasan perdagangan manusia di KTT ASEAN

Selain mengikuti rangkaian kegiatan KTT ASEAN, Puan juga akan melakukan sejumlah kegiatan di Labuan Bajo, NTT. Antara lain, Parliamentary Prepatory Meeting dengan anggota AIPA, courtesy call dengan beberapa pimpinan negara ASEAN, serta melangsungkan pertemuan dengan Secretary General of AIPA Siti Rozaimeriyanty Haji Abdul Rahman.

Dalam keketuaannya di ASEAN, Indonesia mengangkat tema ‘ASEAN Epicentrum of Growth’ yang bermakna ASEAN relevan dan penting sebagai pusat pertumbuhan. KTT Ke-42 ASEAN akan dihadiri kepala negara/pemerintahan, pimpinan parlemen, serta jajaran kementerian yang terlibat.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023