Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengingatkan potensi hujan dengan intensitas ringan melanda tiga kota yakni, sebagian Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur pada Selasa.

Berdasarkan peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diunggah pada akun media sosial @BPBDJakarta, Selasa, sebagian wilayah Jakarta Selatan  berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada sore hari.

Terkait publikasi BMKG, jajaran BPBD Provinsi DKI Jakarta mengimbau warga Jakarta untuk bersiap dengan perubahan cuaca serta menyarankan untuk membawa mantel dan payung pada waktu bepergian di luar rumah antara pukul 13.00 - 22.00 WIB.

Adapun kecamatan di Jakarta Barat yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada Selasa siang adalah Kembangan. Sedangkan cuaca di Cengkareng, Kebon Jeruk, dan Kalideres, mulai berpotensi hujan pada malam hari antara pukul 19.00-22.00 WIB. Kecamatan lain di Jakarta Barat seperti Tambora, Palmerah, Taman Sari, dan Grogol Petamburan, memiliki prakiraan cuaca berawan hingga cerah berawan.

BMKG memprakirakan suhu di Jakarta Barat berkisar antara 27-34 derajat Celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.

Sementara itu wilayah Jakarta Selatan yang berpotensi turun hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada Selasa ialah Kecamatan Jagakarsa (antara pukul 16.00 - 22.00 WIB) dan Pasar Minggu (pukul 16.00 WIB saja).

Sedangkan wilayah lain seperti Tebet, Cilandak, Mampang Prapatan, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Pesanggrahan, dan Pancoran diperkirakan mengalami hujan ringan. Menurut BMKG, hanya Kecamatan Setiabudi yang berpotensi tidak hujan, melainkan memiliki potensi cuaca berawan.

Suhu udara di Jakarta Selatan antara 26-34 derajat Celsius dan kelembaban 65-95 persen.

Di Jakarta Timur, wilayah Pasar Rebo, Kramatjati, Cipayung, Ciracas, Makasar, berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan kecamatan lain berpotensi mengalami hujan ringan antara pukul 16.00-22.00 WIB, kecuali Cakung, Pulogadung dan Matraman yang berpotensi cuaca berawan dan cerah berawan pada jam tersebut.

Suhu udara di Jakarta Timur antara 26-34 derajat Celsius dan kelembaban udaranya berkisar 65-95 persen.
Baca juga: Pemprov DKI prioritas tangani enam lokasi rawan banjir di Ciliwung

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023