Beijing (ANTARA) - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin pada Senin (8/5) menyatakan China menyambut baik dan mendukung penguatan solidaritas negara-negara Arab dengan kembalinya Suriah ke Liga Arab.

"Kami percaya ini kondusif bagi kekuatan dan persatuan negara-negara Arab, pembangunan dan revitalisasi dunia Arab serta perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah. Ini berguna bagi kepentingan jangka panjang negara-negara Arab," ujar Wang dalam konferensi pers.

Dia mengatakan bahwa China selalu mendukung negara-negara Arab dalam mengupayakan kekuatan melalui persatuan, dan secara aktif mendukung Suriah untuk kembali ke Liga Arab.

"China secara aktif menggandeng berbagai pihak melalui saluran kami sendiri," katanya.

Menurut Wang, Utusan Khusus Pemerintah China untuk Masalah Timur Tengah Zhai Jun pada bulan lalu mengunjungi Suriah dan bertukar pandangan mendalam dengan Suriah untuk mencari penyelesaian politik atas masalah Suriah dan memfasilitasi kembalinya Suriah ke Liga Arab.

Baru-baru ini, China mengirim sebuah gugus tugas ke negara-negara Arab yang relevan untuk berdiskusi secara mendalam tentang kembalinya Suriah ke Liga Arab.

Wang mengatakan bahwa atas undangan Anggota Dewan Negara sekaligus Menlu China Qin Gang, Menlu Suriah Faisal Mekdad akan segera berkunjung ke China.

"Sebagai sahabat tulus Suriah dan negara-negara Arab lainnya, China menyambut baik dan mendukung solidaritas Arab serta akan terus bekerja tanpa henti untuk tujuan tersebut," ungkapnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023