Jakarta (ANTARA) - Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat yang dikelola oleh PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memberangkatkan sebanyak 144 jamaah umrah, Selasa.

Keberangkatan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 nomor penerbangan GA902 pada pukul 10.37 WIB menuju Jeddah, Arab Saudi.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penerbangan umrah pada Selasa ini merupakan keempat kalinya sejak November 2022 yang dilakukan di Bandara Kertajati.

"Di mana ini sekaligus menandakan konsistensi bersama dalam membangun konektivitas penerbangan di Bandara Kertajati," ujar Awaluddin dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

AP II mengharapkan jamaah umrah asal Jawa Barat itu dapat merasa lebih nyaman dan lebih dekat melalui Bandara Kertajati untuk berangkat ke Tanah Suci.

Awaluddin pun mengatakan seluruh aspek di Bandara Kertajati sudah dipersiapkan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah umrah. Fasilitas dan infrastruktur di sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) dalam kondisi baik dan dapat optimal mendukung penerbangan umrah pada Selasa ini.

"AP II berterima kasih kepada masyarakat dan seluruh stakeholder, antara lain Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, imigrasi, bea dan cukai, maskapai, ground handling, pihak travel, TNI, dan Polri yang telah bersama-sama dapat mewujudkan penerbangan umrah di Bandara Kertajati," kata Awaluddin.

Selain umrah, AP II saat ini juga tengah mempersiapkan Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan haji mulai 28 Mei 2023. Rencananya, sebanyak 24 kloter akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda memaparkan pada kloter pertama sebanyak 30 persen dari total jamaah haji adalah lansia.

"Informasi yang kami terima, sebanyak 30 persen jamaah kloter pertama adalah lansia, dan sejalan dengan itu kami mempersiapkan berbagai fasilitas untuk memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi seluruh jamaah haji termasuk lansia. Kami menjadikan Bandara Kertajati ramah bagi jamaah haji lansia," ujar Nuril.

Fasilitas yang ditambah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jamaah haji lansia ialah personel khusus yang bertugas memberikan asistensi dan hospitality bagi lansia.

Kemudian, kursi khusus lansia di boarding lounge, toilet khusus lansia, kursi roda untuk mengantar mulai dari area check in hingga boarding lounge, dan posko imigrasi dengan dukungan penuh kantor imigrasi untuk memproses paspor secara bertahap dan tidak bergerombol.
Baca juga: AP II: Bandara Kertajati siap layani penerbangan umrah dan haji
Baca juga: Menko PMK-Menhub lepas keberangkatan 210 jamaah umrah dari Kertajati

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023