Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Selasa (9/5), mulai dari rangkaian KTT Ke-42 Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) resmi dimulai di Labuan Bajo, NTT, hingga RUU Perampasan Aset Tindak Pidana siap dibahas dengan teliti oleh DPR.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Rangkaian KTT Ke-42 ASEAN dimulai di Labuan Bajo

Rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) resmi dimulai di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/5).

Ketika memimpin Pertemuan Para Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM), Menlu Indonesia Retno Marsudi mengatakan bahwa penguatan fondasi organisasi menjadi penting dalam membangun masyarakat ASEAN.

Selengkapnya baca di sini.

2. Indonesia ajak ASEAN efektif tangkal tantangan kejahatan lintas negara

Pemerintah RI mengajak negara-negara ASEAN membekali kemampuan agar bisa secara efektif menangkal tantangan berbagai potensi kejahatan lintas negara di kawasan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD selaku pemimpin Pertemuan Ke-26 Dewan Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC) yang diselenggarakan dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Ayana Komodo Waecicu Beach, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

3. Presiden Jokowi tekankan penyelesaian masalah perbatasan Malaysia

Presiden RI Joko Widodo menekankan pentingnya penyelesaian sejumlah masalah perbatasan saat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, hal itu menjadi salah satu pembahasan saat Presiden Jokowi dan PM Anwar Ibrahim melakukan pertemuan bilateral di Hotel Meruorah, Labuan Bajo.

Selengkapnya baca di sini.

4. Mahfud imbau Myanmar bekerja sama dengan negara-negara ASEAN

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud MD mengimbau Myanmar untuk berkenan bekerja sama dengan negara-negara ASEAN guna mengurai kerumitan masalah yang saat ini mereka hadapi.

Menurut Mahfud isu Myanmar sempat dibahas ketika dirinya memimpin Pertemuan Ke-26 Dewan Masyarakat Politik-Keamanan ASEAN (APSC) di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.

5. Anggota Komisi III DPR siap bahas RUU Perampasan Aset dengan teliti

Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto mengatakan bahwa pihaknya siap membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset Tindak Pidana dengan teliti usai Surat Presiden (Surpres) diterima DPR pada Kamis (4/5).

"Kita siap apa yang sudah diberikan pemerintah dalam bentuk Surpres dan kita akan bahas semuanya dengan teliti," kata Wihadi melalui pesan suara yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2023