Jakarta (ANTARA News) - Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya Sugiarto mengatakan partai tersebut menawarkan tiga pilihan bagi politisi maupun partai-partai politik yang hendak bergabung dengan partai itu.

"Kami sudah pernah melakukan pembicaraan dengan beberapa pengurus parpol lain, dan kami menawarkan tiga opsi bagi yang ingin bergabung, baik sebagai individu maupun lembaga," katanya di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Senin.

Menurut dia, tiga pilihan yang ditawarkan PAN tersebut, antara lain bergabung secara individu sebagai pengurus PAN, bergabung secara individu sebagai calon legislatif (caleg), dan bergabung sebagai lembaga yang berafiliasi dengan PAN.

"Jadi, kami memberi beberapa pilihan. Tokoh atau anggota partai lain yang ingin bergabung bisa menjadi pengurus atau caleg karena kami masih menyusun daftar caleg hingga Februari. Kalau bergabung sebagai suatu organisasi berarti dibawah kepemimpinan PAN," jelasnya.

Selanjutnya, dia mengatakan PAN akan segera menyusun daftar calon legislatif dan mengadakan rapat kerja pada Februari untuk merancang strategi-strategi pada Pemilu 2014.

"Kami akan fokus menyusun daftar caleg karena ada 30 persen jatah kuota untuk pendatang baru. Selain itu, pada rapat kerja kami akan membahas soal capres (calon presiden-red) dan komposisi legislatif, serta mengumumkan tokoh-tokoh yang bergabung dengan kami," jelasnya.

Dia mengaku bahwa PAN telah mengajak beberapa partai politik yang tidak lulus hasil verifikasi KPU untuk bergabung, tetapi belum ada parpol yang sudah benar-benar menyatakan akan bergabung.

Hal itu, menurut dia, disebabkan kebanyakan dari partai politik tersebut masih harus mengurus gugatan kepada KPU di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Ada sekitar tiga hingga empat perpol yang mengadakan pembicaraan dengan kami tapi masih belum menyatakan bergabung karena mereka masih berjuang ke Bawaslu dan PTTUN (Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara-red). Kami menghormati proses itu," katanya.

Partai Amanat Nasional (PAN) adalah sebuah partai politik di Indonesia yang didirikan pada tanggal 23 Agustus 1998.

Ketua Umum partai yang berlambangkan matahari itu saat ini adalah Hatta Rajasa yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian, sedangkan Ketua Majelis Pertimbangan PAN dijabat oleh Amien Rais.

(Y012)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013