Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat mulai memperbaiki 180 ruas jalan kondisinya rusak tersebar di sejumlah daerah di Garut, sehingga dipastikan jalan yang menjadi kewenangan kabupaten sudah bagus dan nyaman dilintasi kendaraan bermotor di tahun 2023.

"Kami akan tangani pada tahun 2023 itu lebih kurang ada 180 ruas jalan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut Luna Aviantrini melalui siaran pers di Garut, Rabu.

Ia menuturkan ruas jalan yang diperbaiki itu merupakan hasil skala prioritas terutama yang menjadi keluhan masyarakat dan disampaikan kepada Dinas PUPR Garut, selanjutnya diusulkan untuk disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

Kemampuan Pemkab Garut dalam memperbaiki jalan di tahun anggaran 2023, kata dia, sebanyak 180 ruas jalan terdiri dari perbaikan rekonstruksi sepanjang 79,5 km, rehabilitasi 62,5 km, dan pemeliharaan jalan seperti penambalan jalan sekitar 120 km.

"Target kami ini terutama yang menjadi keluhan-keluhan masyarakat yang sudah disampaikan kepada kami, dan kami jadikan prioritas untuk ditangani pada tahun ini, tapi tentunya semuanya disesuaikan dengan anggaran yang ada," katanya pula.

Dia menyebutkan Pemkab Garut memiliki kewenangan untuk memperbaiki jalan sepanjang 829 km tersebar di 42 kecamatan, selain itu ada juga jalan desa yang menjadi poros antarkecamatan menjadi kewenangan kabupaten untuk penanganannya.

Terkait besaran anggaran jalan yang disiapkan tahun 2023, kata dia lagi, sebesar Rp269 miliar, dan saat ini sebagian sudah dialokasikan untuk tahap pertama sebanyak 20 paket kegiatan.

"Anggaran secara keseluruhan itu kami ada Rp269 miliar, di antaranya ini ada dari banprov, itu yang kami akan gunakan untuk perbaikan jalan," katanya pula.

Luna menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang sampai saat ini masih ada jalan belum diperbaiki, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pemkab Garut, kata dia, akan terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk memperbaiki jalan agar masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman, aman, dan lancar.

"Untuk jalan-jalan yang belum tersentuh ini akan kami usulkan, sebagaimana setiap tahun kami usulkan jalan-jalan yang memang menjadi masukan-masukan juga dari masyarakat, dan juga pihak-pihak lain," kata dia lagi.
Baca juga: Bupati Garut sebut Jalan Kadungora-Leles rusak sedang diperbaiki
Baca juga: Bagian jalan di jalur Bandung-Garut masih tertutup longsoran

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023