Bandung (ANTARA News) - PT KA Daop II Bandung membatalkan dua jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta dan satu jadwal jurusan Jakarta-Bandung akibat banjir yang melanda Jakarta.

"Semua jadwal KA Argo Parahyangan pagi tetap diberangkatkan meski terjadi keterlambatan tiba di Stasiun Gambir, sedangkan untuk jadwal pemberangkatan pukul 14.30 WIB dan 17.30 WIB terpaksa dibatalkan," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT KA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno.

Ia menjelaskan, pembatalan dua jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan itu dilakukan atas pertimbangan keamanan dan kelancaran perjalanan KA menuju Jakarta dan sebaliknya.

Hambatan perjalanan KA tidak hanya dialami KA dari Bandung, namun juga KA dari semua jurusan ke Jakarta.

"Keterlambatan terjadi, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan perjalanan hari ini," kata Bambang.

Kamis kemarin, akibat banjir, KA Argo Parahyangan yang berangakat pukul 05.00 WIB  baru tiba tujuh jam kemudian di Gambir sekitar pukul 12.30 WIB, padahal rata-rata perjalanan Jakarta - Bandung hanya 3 jam.

Kereta sempat tertahan di beberapa tempat. Hal sama terjadi pada pemberangkatan pukul 06.00 WIB yang juga tersendat cukup lama di perjalanan.

Sebagai pentuk pelayanan kepada penumpang, PT KA memberikan kompensasi berupa pembagian mi instan kepada penumpang.

Gangguan perjalanan KA dari Stasiun Bandung hanya terjadi ke jurusan Jakarta, sedangkan ke jurusan timur tetap lancar.

PT kA sudah menyiagakan Regu Terbang pada sejumlah tempat strategis dan mereka siap diterjunkan bila terjadi gangguan, baik perjalanan KA maupun kendala di jalur rel. 

(S033/M029) 

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013