Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah pusat akan membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjalankan rencana jangka menengah dan panjang untuk mengatasi masalah banjir.

"Saya kira tentu ujung tombak di DKI, punya masterplan misalnya BKT bagian dari program DKI yang didorong, pemerintah pusat terus terlibat," kata Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Kantor Presiden Jakarta, Jumat.

Hatta mengatakan upaya penanganan banjir harus terus dilakukan. "Jangan tambal sulam, 2002 terjadi sekarang juga terjadi," kata Hatta.

Menurut dia, perlu ada sebuah lembaga yang memiliki otoritas untuk memastikan penanganan banjir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi berjalan terpadu tanpa mengambil alih peran pemerintah daerah di setiap wilayah.

"Jangan terlalu berpikir badan ini ambil alih peran pemda. tapi otoritasnya kuat, kalau ada plan eksekusinya harus jalan. Kita sudah anut desentralisasi, jangan lagi dibalik, jadi hanya fungsi koordinasi, sehingga tidak terjadi Banten berpikir sendiri, DKI dan Jabar pikir sendiri," paparnya.

(P008)

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2013