Pandeglang (ANTARA News) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Deden Kuswan meminta warga setempat mewaspadai penyebaran penyakit malaria pada musim hujan sekarang ini.

"Ada dua penyakit yang perlu diwaspadai masyarakat saat musim hujan ini, yakni demam berdarah dengue (DBD) dan malaria," katanya di Pandeglang, Jumat.

Untuk mencegah penyebaran penyakit malaria, kata dia, masyarakat harus menjaga lingkungan tempat tinggal dengan tidak membiarkan adanya genangan air di sekitar rumah.

Deden juga meminta warga malakukan 3M, yakni membersihkan dan menutup tempat penampungan air serta mengubur barang-barang yang berpotensi menjadi tempat genangan air seperti kaleng bekas.

Saat ini, kata dia, hujan dengan intensitas ringan sampai lebat terus mengguyur wilayah Kabupaten Pandeglang, sehingga besar sekali terjadi genangan air di sekitar tempat tinggal.

"Genangan air kalau dibiarkan bisa menjadi tempat tinggal dan lokasi berkembang biak nyamuk Anopheles penyebar panyakit malaria," katanya.

Deden juga meminta wawrga harus menjaga kesehatan tubuh agar kekebalan tubuhnya bagus sehingga tahan terhadap gangguan berbagai macam penyakit, termasuk malaria.

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit malaria atau protozoa yang merupakan golongan plasmodium.

Parasit protozoa penyebab penyakit malaria ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles, yang hidup dan berkembang baik dalam genangan air.

Mengenai gejala orang yang terjangkit malaria, secara umum yakni mengalami demam dan tubuhnya menggigil, dan juga dapat disertai sakit kepala, mual, muntah, diare, nyeri otot atau pegal-pegal. (S031/M026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013