Padang (ANTARA) -
Persiapan venue pelaksanaan Pekan Nasional Petani dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) XVI di kawasan Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Sutan Sjahrir, Sumatera Barat (Sumbar) terus dikebut jelang pelaksanaan pada 10 sampai 15 Juni 2023.
 
"Sebagian venue seperti embung dan drainase hingga 9 Mei 2023 sudah mencapai 98 persen," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar, Hansastri, di Padang, Senin.
 
Sementara untuk pembangunan infrastruktur pendukung Penas Tani 2023 sudah mencapai 88,09 persen dan masih terus dikerjakan.
 
Ia mengatakan yang perlu dipercepat saat ini adalah perbaikan VIP Bandara Internasional Minangkabau untuk menyambut tamu. Saat ini prosesnya sudah mencapai 75 persen.
 
Kemudian pembangunan gedung pendukung Penas Tani yang saat ini sudah mencapai 62 persen, di antaranya pekerjaan perbaikan gerbang Penas Tani, pembangunan balai utama, pembangunan balai teknologi, mushala, pembangunan pos jaga, rehab pos jaga dan pembangunan WC.
 
"Kita terus pantau pembangunannya agar bisa selesai tepat waktu," katanya pula.
 
Dia mengatakan kondisi lahan yang merupakan rawa serta faktor cuaca menjadi salah satu kendala dalam pembangunan infrastruktur pendukung tersebut, namun telah dicarikan solusi terbaik.
 
"Kami tetap memegang komitmen untuk menyukseskan pelaksanaan Penas Tani XVI di Sumbar 2023," katanya lagi.
 
Selain venue persiapan lain seperti penginapan dan pembukaan acara juga terus dimatangkan.
 
Hansastri mengatakan berdasarkan pelaksanaan sebelumnya diperkirakan jumlah peserta dan tamu undangan yang akan datang ke Sumbar dalam kegiatan nasional itu mencapai 40 ribu orang.
Baca juga: Persiapan Penas Tani 2020 di Sumbar Dimatangkan
Baca juga: Padang sediakan 3.000 rumah untuk peserta Penas Tani Nelayan 2023

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2023