Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Senin, karena investor menilai ketidakpastian seputar pembicaraan plafon utang AS dan pemilihan putaran kedua di Turki, sambil menunggu data minggu ini untuk petunjuk tentang keadaan ekonomi global.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terangkat 0,4 persen, dengan saham perusahaan barang-barang rumah tangga dan pribadi serta saham perjalanan dan rekreasi memimpin kenaikan.

AXA terangkat 1,7 persen setelah perusahaan asuransi terbesar kedua Eropa itu mengatakan penjualan kuartal pertamanya naik 2,0 persen karena pertumbuhan kebijakan properti dan korban kecelakaannya mengimbangi penurunan pendapatan dari produk tabungan di Prancis dan Italia.

Siemens Energy AG naik tipis 0,9 persen setelah perusahaan grup energi itu menaikkan prospek penjualannya dan pesanan yang belum dikerjakan mencapai rekor 102 miliar euro (112,28 miliar dolar AS).

Juga membantu sentimen, data menunjukkan indeks harga grosir Jerman turun sedikit pada April, penurunan tahun-ke-tahun pertama sejak Desember 2020, sementara data lainnya menunjukkan harga konsumen di Swedia turun lebih dari yang diharapkan pada April.

Pembicaraan mengenai plafon utang AS antara Presiden Joe Biden dan anggota parlemen tampaknya akan dilanjutkan pada Selasa (16/5/2023), sementara pasar yang lebih luas mengabaikan ketidakpastian ketika pemilihan presiden Turki tampaknya menuju putaran kedua.


Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat setelah penurunan dua hari beruntun
Baca juga: First Republic Bank di AS kolaps, saham perbankan Eropa ikutan anjlok
Baca juga: Saham di Eropa turun, investor pertimbangkan laporan laba emiten

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2023