Jakarta (ANTARA) -
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Keluarga Besar Persatuan Purnawirawan (PP) Polri di Gedung Tribrata Balai Tetap Setia, Kantor PP Polri Pusat, Jakarta, Senin.
 
Prabowo mengatakan bagwa agenda tertutup itu membahas situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Dia mengingatkan bahwa masyarakat tanah air patut bersyukur dengan keberhasilan pemerintah Indonesia, khususnya pascapandemi COVID-19.
 
"Saya berkesempatan juga menyampaikan situasi kondisi bangs berkali-kali di berbagai kesempatan disampaikan oleh Bapak Presiden, bahwa kita patut bersyukur dengan keberhasilan bangsa Indonesia sampai sekarang," ujar Prabowo.
 
Ia menilai Indonesia termasuk negara yang berhasil mengatasi krisis COVID-19. Pasalnya, Indonesia dapat mengatasi permasalahan pandemi dengan relatif cepat tanpa mengorbankan kondisi ekonomi serta tetap mengayomi seluruh lapisan masyarakat.
 
"Kita diakui oleh banyak badan internasional bahwa kita mampu mengatasi pandemi ini dengan relatif cepat dengan tidak mengorbankan kondisi ekonomi kita, terutama bagi rakyat kita yang paling lemah. Lapisan bawah masih mampu dilindungi oleh pemerintah Indonesia," katanya.
 
Prabowo mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pascapandemi cukup bagus. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat bersyukur dengan keberhasilan pengelolaan ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.
 
"Pertumbuhan kita begitu habis COVID-19 masih rebound yang cukup bagus. Pertumbuhan kita di atas 5 persen, inflasi kita masih single digit, di banyak negara sudah puluhan persen. Jadi, ini saya kira sebagai bangsa kita patut menyadari dan syukur," ujarnya.

Baca juga: Menhan sebut ekonomi Indonesia unggul jika pemimpin bersatu
Baca juga: Menhan: Pemimpin Indonesia harus saling mengingatkan dalam kebersamaan
 
Selain itu, Prabowo juga menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu dia diberikan paparan mengenai perkembangan PP Polri. Dia mengapresiasi kinerja PP Polri karena memiliki perencanaan yang komprehensif dan visioner.
 
"Saya dikasih paparan melihat perkembangan PP Polri yang menurut saya sangat hebat, sangat komprehensif, dan menyeluruh. Punya program yang visinya jauh ke depan memikirkan kesejahteraan para purnawirawan Polri," kata Prabowo.
 
Prabowo mengatakan bahwa persatuan purnawirawan sejatinya harus berarti dan bermanfaat. Oleh karena itu, dia berharap persatuan purnawirawan lainnya dapat menggencarkan komunikasi dan saling belajar satu sama lain.
 
"Saya kira perlu menjadi catatan pelajaran bagi persatuan-persatuan purnawirawan (PP) lainnya, yang saya anjurkan nanti PP AD dan yang dari AU, dari AL itu semua makin sering untuk berkunjung, saling tukar-menukar informasi, saling belajar," katanya.
 
Prabowo menyebut kunjungannya ke PP Polri merupakan sebuah kehormatan. Dia mengaku sedang berusaha untuk mendatangi komponen-komponen yang memiliki pengaruh dan jaringan ke seluruh Indonesia.
 
"Saya sudah di PP AD, angkatan darat, saya juga sudah di tokoh-tokoh PP ABRI dan sebagainya. Hari ini saya ke PP Polri saya diterima dengan luar biasa," ujar Prabowo.
 
Lebih lanjut, Ketua Umum PP Polri Jenderal Purn. Bambang Hendarso mengatakan bahwa agenda silaturahmi ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di PP Polri. Agenda tersebut juga diikuti oleh pengurus daerah secara virtual.
 
"Untuk rekan-rekan ketahui bahwa ini adalah silaturahmi yang pertama dilaksanakan di PP Polri. Untuk itu, kami keluarga besar PP Polri menyampaikan hormat bangga dan terima kasih," ujarnya.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023