Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa melemah pada awal perdagangan Selasa, dengan pembuat otomotif dan penambang memimpin kerugian karena data yang lemah dari China memicu kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi, sementara investor menunggu lebih banyak data ekonomi zona euro.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,2 persen, dengan sebagian besar pasar regional merah.

Pembuat mobil dan penambang masing-masing tergelincir 1,2 persen dan 0,7 persen, setelah data menunjukkan produksi industri China dan pertumbuhan penjualan ritel pada April di bawah perkiraan, menunjukkan ekonomi kehilangan momentum pada awal kuartal kedua.

Indeks sektor telekomunikasi turun 0,8 persen dengan Telecom Italia anjlok 4,6 persen setelah sebuah laporan mengatakan pemberi pinjaman negara Italia berencana untuk menurunkan tawaran 19,3 miliar euro (21 miliar dolar AS) untuk jaringan darat perusahaan.

Di Inggris, Vodafone jatuh 3,9 persen setelah bos barunya Margherita Della Valle mengatakan dia akan memangkas 11.000 pekerja selama tiga tahun untuk menyederhanakan grup telekomunikasi dan memperingatkan penurunan arus kas bebas sebesar 1,5 miliar euro tahun ini.

Embracer Group terpuruk 11,6 persen ke dasar STOXX 600 setelah pengembang game Swedia itu menurunkan perkiraan EBIT atau laba sebelum bunga dan pajak yang disesuaikan setahun penuh.

Investor sekarang menunggu perkiraan PDB zona euro, pembacaan inflasi April Italia dan survei sentimen ekonomi ZEW Jerman untuk Mei di kemudian hari, demikian dikutip dari Reuters.

Baca juga: Saham Asia tertekan data lemah China, Topix tembus tertinggi 33 tahun
Baca juga: Saham di Inggris berakhir positif, indeks FTSE 100 naik 0,30 persen
Baca juga: Saham di Jerman untung hari kedua, indeks DAX 40 terkerek 0,02 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023