Phnom Penh (ANTARA) - Dukungan terhadap Timnas Indonesia pada final sepak bola SEA Games 2023 di Olympic Stadium Phnom Penh Kamboja, Selasa luar biasa termasuk Diaspora yang berada di negara-negara di sekitar tuan rumah kejuaraan multi event dua tahunan itu.

"Saya kebetulan ditugaskan untuk memandu Diaspora yang akan memberikan dukungan pada timnas," kata Effendi Gazali di Phnom Penh Hotel di mana timnas Indonesia tinggal di Kamboja.

Selain Diaspora yang ada di Kamboja, lanjut dia, juga ada Diaspora yang selama ini tinggal di Thailand. Mereka secara khusus datang ke Kamboja untuk mendukung tim asuhan Indra Sjafri itu

"Saya tadi dari Thailand bersama sekitar 20-25 Diaspora. Mereka datang khusus memberikan dukungan pada timnas" kata pria yang juga pakar komunikasi politik.

Tidak hanya dari Kamboja dan Thailand, banyak juga suporter yang datang langsung dari Indonesia untuk memberikan dukungan pada timnas Garuda Muda yang ingin mengakhiri puasa gelar selama 32 tahun.

"Saya yakin Indonesia menang. 3-0," kata salah satu suporter dari Indonesia, Topan atau lebih dikenal Cupink Topan itu.

Pantauan di lapangan, suporter Indonesia berada di sisi timur bersebelahan dengan suporter Thailand dan dibatasi dengan tangga yang dijaga sejumlah petugas keamanan.

Tidak ketinggalan suporter Indonesia juga membentangkan bendera raksasa. Begitu juga dengan suporter Thailand yang juga membawa tulisan nama negara yang berjuluk Gajah Putih itu.

Pada laga final itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga memberikan dukungan langsung bersama Pratama Arhan yang pada laga final melawan Thailand absen setelah di semifinal melawan Vietnam terkena kartu merah.

Baca juga: Timnas turunkan tim terkuat minus Pratama Arhan untuk lawan Thailand
Baca juga: Garuda Muda siapkan laga terbaik pada final SEA Games 2023
Baca juga: Bonus melimpah tunggu Timnas Indonesia jika rebut emas SEA Games

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023