Toronto (ANTARA News) - Guard Toronto Jose Calderon mencetak 22 poin dan melakukan sembilan assist pada Minggu (Senin WIB), ketika Raptors memberikan kekalahan tandang kelima berturut-turut kepada Los Angeles Lakers, 108-103.

Lakers tidak diperkuat center Dwight Howard pada paruh kedua pertandingan, setelah ia keluar ketika paruh pertama menyisakan waktu 1:18 akibat pelanggaran teknisnya di pertandingan ini.

Howard dan forward Raptors Alan Anderson melakukan pelanggaran teknis untuk kedua kalinya, saat keduanya berebut mencari posisi terbaik di bawah ring basket.

Howard melakukan pelanggaran teknis pertamanya pada kuarter pertama karena mendebat keputusan wasit.

Pada insiden kedua, Anderson terlihat melakukan kontak lebih dulu dan bersitegang dengan Howard, namun para ofisial menilai keduanya melakukan pelanggaran teknis kedua.

"Saya tidak ingin membicarakannya," kata Howard, yang tidak pernah dikeluarkan dari pertandingan sampai 26 Desember, ketika ia melakukan pelanggaran terhadap forward Denver Kenneth Faried.

"Saya tidak melakukan apapun sehingga dikeluarkan," kata Howard. (Anderson) menarik saya. Mereka menyebutnya pelanggaran ganda."

Landry Fields menambahi "double-double" yakni 18 poin dan sepuluh rebound untuk Toronto, yang mendapat 18 poin dari Ed Davis dan 14 poin dari Anderson.

"Kami bermain cukup baik pada pekan ini untuk memenangi sepasang pertandingan, namun kami tidak melakukannya" kata pelatih Raptors Dwayne Casey.

"Hari ini, para pemain kami berdiri bersama, mengikuti rencana permainan dan bermain bersama sebagai tim."

Kobe Bryant memimpin perolehan poin Lakers dengan 26 poin namun ia hanya sukses melakukan sepuluh dari 32 lemparan, dan mengalami enam turnover.

Bryant menyebut kegagalannya dalam menembak disebabkan "kaki-kaki yang mati" dan menyebut dirinya harus mandi es.

"Saya harus mengistirahatkan kaki-kaki saya, teman. Tembakan saya begitu pendek," ucapnya.

"Ini karena saya. Saya akan memikul tanggung jawab atas kekalahan ini. Terdapat banyak tembakan mudah, banyak dari mereka, yang semestinya saya masukkan. Dan saya akan melakukannya."

Bryant tidak memiliki banyak waktu untuk beristirahat, dengan Lakers selanjutnya akan meneruskan laga tandang ke markas Chicago pada Senin.

Pau Gasol menambahi 25 poin untuk Lakers yang menelan kekalahan berturut-turut kedua mereka dan membuat mereka menghuni peringkat ke-11 di Wilayah Barat dan peringkat ketiga di divisi mereka.

Howafrd hanya mendulang lima poin, dua rebound, dan satu assist sebelum ia dikeluarkan.

Toronto melejit sejak awal pertandingan berkat laju perolehan poin 19-4, di saat Lakers hanya mendulang dua poin dari 11 tembakan pertama mereka.

Dari sana Lakers tertinggal dua dijit sampai mereka mampu memangkas jarak menjadi 29-20 menjelang kuarter kedua.

Antawn Jamison kemudian membuka kuarter kdua dengan tembakan tiga angka untuk memangkas defisit menjadi enam poin, namun Toronto membalas dengan laju 15-7 untuk kembali memegang kendali permainan.

Los Angeles kembali mampu mengejar dan mendekatkan diri menjadi 51-49 sebelum turun minum, namun jump shot yang dilepaskan Calderon memberi Toronto keunggulan empat poin pada saat turun minum.

Los Angeles tertinggal 83-70 menjelang kuarter keempat dan tidak dapat memberikan tantangan yang kuat untuk dapat melewati Raptors, yang kalah pada empat pertandingan terakhir mereka saat berhadapan dengan Lakers.

"Kami tertinggal, namun kami berjuang untuk bangkit dan berusaha membuatnya (selisih) menjadi dekat," kata pelatih Lakers Mike D`Antoni dikutip AFP. "Mulai sekarang, bola-bola kelihatannya harus lebih mendekat, dan saat bertahan kami harus naik dan turun."

(H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013