Melbourne (ANTARA News) - Juara Australia Terbuka lima kali Serena Williams melaju ke perempat final pada Senin, dengan mangalahkan unggulan ke-14 asal Rusia Maria Kirilenko melalui pertarungan dua set.

Unggulan ketiga ini menang 6-2, 6-0, dan selanjutnya akan menantang sesama petenis Amerika Sloane Stephens untuk memperebutkan satu tempat di semifinal, di mana ia berpotensi berhadapan dengan juara bertahan Victoria Azarenka.

Dengan kemenangannya ini, Williams mencapai perempat final Grand Slam untuk ke-35 kalinya, di saat ia mengincar gelar utama ke-15 dia.

"Saya bermain sangat baik. Saya tidak berharap dapat bermain sebaik ini. Saya seperti berkata `wow`," ucapnya yang dilansir AFP.

"Saya melihat diri saya memiliki 8 95 persen servis pertama di set pertama dan berpikir, `Siapa gadis ini?`," sebab tidak biasanya saya melakukan hal itu."

Kedua petenis ini telah bertemu lima kali sebelumnya dan Williams memenangi seluruh pertandingan antara mereka, yang tidak pernah berlangsung baik bagi sang petenis Rusia.

Kirilenko memiliki tiga "break point" pada servis pembuka Williams, namun ia membuang peluang itu dan kesulitan pada servis Williams berikutnya, meski demikian ia masih mampu menempel lawannya tersebut

Pada kondisi berangin di Rod laver Arena, unggulan ketiga ini melakukan break pada game keempat, menekan Kirilenko dengan pukulan-pukulan dalam ke baseline yang membiat pukulan backhand petenis Rusia itu melebar saat Williams memastikan kemenangannya di game ini.

Williams secara rutin melepaskan serve dengan kecepatan hampir 200 km/jam, sehingga hanya memberi sedikit peluang pada Kirilenko, sambil menyajikan permainan efektif di dekat net.

Ia kembali melakukan break untuk unggul 5-2, dan menggenapi kemenangannya di set ini dalam waktu 29 menit.

Pada pertandingan berat sebelah ini, Williams tetap memberi tekanan dan melakukan break untuk memimpin 2-0 pada set kedua, dan unggul 4-0 melalui pukulan backhand bertenaga di dekat garis. Ia kembali melakukan break dan sekarang memiliki rangkaian 20 kemenangan berturut-turut.

Williams, yang mengincar gelar Grand Slam pembuka tahun sejak 1988, terakhir kali menjuarai Australia Terbuka pada 2010.

(H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013