Nelspruit, Afrika Selatan (ANTARA News) - Alain Traore mencetak angka menit akhir untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1, ketika Burkina Faso menghadapi Nigeria pada pertandingan Piala Bangsa Afrika, Senin malam, dan semua empat tim selevel di laga Grup C.

Pemain tengah itu, yang pemilihannya merupakan perjudian karena ia sedang cedera, bangkit dari bangku cadangan untuk menaikkan semangat juang teman-temanya sampai akhirnya membuat angka satu satu, ketika berhasil membungkam kemenangan lawan.

Hasil imbang itu menyusul hasil imbang lainnya, 1-1, antara juara bertahan Zambia melawan Ethiopia pada laga sebelumnya di Stadion Mbombela milik Nelspruit.

Laga itu merupakan pelajaran berharga sekaligus sebagai peringatan bagi Nigeria, yang mendominasi permainan sejak awal pertandingan, sedangkan bek mereka Efe Ambrose dikeluarkan menit ke-74 karena mendapat kartu kuning kedua.

Tim Super Eagles itu memimpin pertandingan ketika Emmanuel Emenike mencetak angka menit ke-23 setelah sebelumnya menunjukkan kekuatan serangan mereka dengan susunan tiga penyerang dengan komando dari pelatih Stephen Keshi.

Emenike mencetak gol dengan memanfaatkan umpan dari Brown Ideye, yang sedikitnya memiliki tiga peluang pada awal permainan.

Jarak yang dibuat Ahmed Musa dengan lawan merupakan salah satu hal penting yang diperagakan tim yang disiapkan Keshi untuk Piala dunia 2018.

Ike Uche yang masuk pada babak kedua nyaris menambah angka bagia timnya ketika ia mendapat dua peluang bagus, tetapi bola melenceng keluar mulut gawang.

John Obi Mikel, yang rekannya di Chelsea Victor Moses tidak bermain karena cedera, juga berpeluang mencetak gol tetapi bola melebar dari mulut gawang.

Masuknya Traore pada menit ke-25 memberi tenaga baru dalam tim itu dan kerja samanya dengan Jonathan Pitroipa membuat pertahanan Nigeria menjadi rapuh.

Kedua pemain itu bekerja sama pada akhir permainan ketika menciptakan gol untuk menyamakan kedudukan menjadi imbang.

"Rasa percaya diri tim menjadi amat tinggi ketika berhasil menahan Nigeria. Ini merupakan modal penting bagi kami menghadapi pertandingan lainnya," kata Paul Put.
(A008)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013