Jakarta (ANTARA News) - Musisi Vanessa-Mae akan berhenti bermain biola selama setahun demi membela Thailand dalam cabang ski di Olimpiade Musim dingin tahun 2014 mendatang.

Kini, Vanessa-Mae sedang menjalani latihan untuk bertanding di lima kompetisi internasional agar dapat melaju ke Olimpiade Musim Dingin yang akan diadadakn di Sochi, Rusia, Februari 2014.

"Orang-orang terkejut melihat saya bermain ski - seorang pemain biola klasik, oriental,yang tinggal di kota sepanjang hidupnya," kata Vanessa-Mae kepada Reuters melalui telepon.

"Ini sudah jadi impian saya sejak usia 14 tahun. Ini sesuatu yang ingin saya lakukan."

Musisi berkewarganegaraan Inggris ini akan menjadi orang Thailand kedua yang bertanding di Olimpiade Musim Dingin, bila lolos kualifikasi.

Sebelum Vanessa-Mae, akademisi Prawat Nagvajara mewakili Thailand dalam cross-country ski di Olimpiade Salt Lake City 2002 dan Olimpiade Musim Dingin Turin 2006.

"Saya ingin bertanding sebab ada sesuatu yang belum saya rayakan, menjadi seorang Thailand. Ayah saya, seperti kebanyakan orang Thailand, tidak pernah bermain ski tapi dia senang mendengar saya akan bermain," kata musisi bernama lengkap Vanessa-Mae Vanakorn Nicholson.

Meski telah bermain ski sejak usia 14, musik selalu menjadi prioritasnya. Ia memulai debut internasional di usia 10. Ia kemudian dikenal karena mendobrak tradisi dengan permainan biola campuran musik klasik dan pop dalam kemasan tampilan yang seksi dan glamor.

Album pertamanya yang beraliran techno-pop, "The Violin Player" dirilis tahun 1995 dan menduduki peringkat 11 tangga lagu Inggris. Sejak saat itu, ia selalu melakukan tur meski belum mengeluarkan album baru lagi sejak 2004.
(nta)

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013