Ternate, Malut (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate, Kanwil Kemenkumham Maluku Utara (Malut) telah menerbitkan sebanyak 299 paspor calon jamaah haji (CJH) tahun 2023 asal Kota Ternate dan kabupaten/kota lainnya masuk wilayah kerja Imigrasi.

Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Imigrasi Kelas I TPI Ternate, Valentinus Lucky di Ternate, Jumat, mengatakan, penerbitan dari ratusan pemohon itu dilakukan melalui inovasi pelayanan Nasi Jaha atau Layanan Simpatik Jamaah Haji maupun pelayanan di kantor.

Menurut dia pihaknya bersinergi dengan kantor Kementerian Agama di 6 wilayah kerja Imigrasi Ternate tersebut.

"Layanan ini merupakan komitmen dari kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate untuk terus meningkatkan pelayanan publik mengingat secara geografis yang terdiri dari beberapa pulau dan usia calon haji yang sebagian dikategorikan dalam usia lanjut," katanya.

Ia menjelaskan dalam layanan Nasi Jaha ini petugas Imigrasi melakukan jemput bola mendatangi langsung CJH di tempat untuk pembuatan paspor, yang dimulai sejak Maret 2023 hingga saat ini di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate seperti, di Kabupaten Kepulauan Sula, Taliabu, Halmahera Barat, Halmahera Selatan, Kota Tidore Kepulauan dan juga Kota Ternate.

Ia merinci, 299 paspor CJH yang sudah diterbitkan itu untuk Kota Tidore Kepulauan sebanyak 45 paspor, Halmahera Selatan (74), Halmahera Barat (35), Kepulauan Sula (49) dan Kepulauan Taliabu (18) dan Kota Ternate sebanyak 78 paspor.

"Jadi, dari data sementara saat ini sudah 299 paspor calon jamaah haji yang kami terbitkan," katanya.

Dia menambahkan, saat ini Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate terus memberikan pelayanan kepada para pemohon yang mau mengurus pembuatan paspor.

"Bagi pemohon yang kebetulan saat ini jika sedang berada di Kota Ternate dan mau membuat paspor silakan datang ke kantor Imigrasi Kelas I TPI Ternate," demikian Valentinus Lucky.

Baca juga: Kota haji tambahan Ternate-Malut tunggu keputusan Kemenag RI

Baca juga: Satu jamaah haji asal Ternate meninggal dunia di Mekkah

Baca juga: DPRD Ternate setujui penambahan dana embarkasi haji

Baca juga: Asrama haji Ngade Ternate hanya layani JCH dari lima kabupaten

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2023