Palembang, Sumatera Selatan (ANTARA) - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sri Rahayu meminta seluruh kader di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk tegak lurus mendukung Ganjar Pranowo dalam Pemilihan Presiden tahun 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Sri Rahayu dalam acara Konsolidasi PDIP Sumsel Pemenangan Pilpres 2024 bersama Ganjar Pranowo di GOR Dempo Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu.

"Saya tak perlu jelaskan, karena sudah jelas isi instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sebagai kader, kita melaksanakan tugas melakukan konsolidasi partai untuk pemenangan Pilpres 2024,” kata Sri, di hadapan ribuan kader dan simpatisan PDIP yang hadir memenuhi ruangan GOR Dempo.

Menurutnya, pemenangan Ganjar sebagai presiden di 2024 hanya dapat ditempuh dengan bermodalkan semangat konsolidasi, kebersamaan hingga gotong royong seluruh elemen partai.

"Di samping itu kita pun harus turun dan sapa warga di akar rumput sehingga calon yang kita usung akan menang dengan semangat pembangunan," katanya.

Baca juga: PDIP ungkap nama cawapres Ganjar Pranowo diumumkan bulan Bung Karno

Pada kesempatan itu Sri mengingatkan semua pihak harus tegak lurus mengikuti instruksi dan orientasi partai tidak ada yang boleh menoleh ke belakang, ke kanan dan kiri.

"Ketika kita sudah diberi tugas, maka sebagai kader dan tiga pilar partai, tak boleh hanya seakan-akan menganggap pak Ganjar milik kita sendiri sehingga Pak Ganjar tak boleh kemana-mana. Justru PDI Perjuangan harus menggerakkan kerja sama, menjadi penggerak kerja sama komunitas masyarakat yang memberi dukungan kepada capres kita," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Sumsel M Giri Ramanda N Kiemas mengatakan spesifik dari mulai bakal calon legislatif PDIP hingga anak ranting siap bergerak memenangkan partai dan Ganjar Pranowo sebagai presiden.

Sebab, lanjutnya, Ganjar sangat berpengalaman lantaran pernah menjadi anggota legislatif hingga sebagai kepala daerah, yakni Gubernur Jawa Tengah.

"Prinsipnya tanpa persatuan dan gerak yang sama kita tidak akan menang," ujarnya.

Ganjar Pranowo yang turut menghadiri konsolidasi disambut meriah oleh ribuan kader PDIP di Palembang, Sumatera Selatan.

Pada kegiatan tersebut Ganjar mengenakan setelan pakaian berwarna merah dengan selendang putih khas Bumi Sriwijaya dan mencicipi sekapur sirih sebagai tradisi budaya setempat untuk menyambut tamu kehormatan.

Baca juga: Ganjar kenang kemenangan Pilgub Jateng 2013 buah kekompakan PDIP
Baca juga: Ganjar ajak pendukung tetap jaga adab dan tak mem-"bully"


Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2023