Rio de Janeiro (ANTARA News) - Pelatih tim nasioal Brazil Luiz Felipe Scolari, Kamis (Jumat WIB) mengungkapkan, ia sudah mengantongi 50 nama pemain potensial untuk diseleksi menghadapi Piala Dunia 2014 yang berlangsung di negara mereka.

"Staf kami sedang memantau 50 pemain yang sekarang tersebar di seluruh dunia dan kami akan mencoba untuk membangun tim terbaik menghadapi Piala Dunia 2014," kata Scolari, pelatih yang akrab dengan julukan "Big Phil" itu seperti dikutip AFP.

Scolari yang memimpin Brazil meraih gelar juara Piala Dunia 2002 dan kembali ke posisi pelatih tim nasional Brazil untuk kedua kalinya menyusul dipecatnya Mano Menezes, dalam sebuah konferensi jarak jauh mengumumkan susunan pemain menjelang pertandingan persahabatan menghadapi Inggris di Wembley pada 6 Januari mendatang.

Para pemain tersebut termasuk di antaranya Ronaldinho, pemain berusia 32 tahun yang sekarang bergabung dengan klub kampung halamannya Atletico Mineiro. Namun, Scolari tidak memanggil Kaka, yang karirnya meredup sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2009.

"Kami tidak hanya menguji coba pemain untuk keperluan seleksi pemain, tapi kami perlu juga yakin dengan pengalaman mereka," kata Scolari.

"Jika pemain memang berada dalam kondisi yang baik, ia akan kami beri kesempatan," katanya.

Mantan pelatih tim nasional Portugal dan Chelsea itu mengakui bahwa Brazil saat ini diunggulkan untuk meraih gelar juara Piala Dunia untuk keenam kalinya dan untuk pertama kali di negara sendiri.

"Kami harus juara dan itu tidak perlu diperdebatkan," kata Scolari sambil menambahkan bahwa saingan terberat akan datang dari Spanyol, Jerman, Italia dan Argentina.

"Spanyol sudah jelas melihat prestasi mereka akhir-akhir ini, Jerman juga telah membangun tim tangguh sejak 2003," kata Scolari.

"Secara tradisional dan karena gaya permainan mereka, Italia juga di antara tim unggulan, sementara Argentina karena kualitas pemain yang mereka miliki," katanya menambahkan.

Tahun ini, Brazil akan menghadapi Italia, Rusia dan Inggris dalam serangkaian pertandingan uji coba. Selain itu, mereka juga akan menjadi tuan rumah Piala Konfederasi yang akan digelar pada Juni mendatang.

(A032) 

Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013