Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau siap melayani sebanyak 11.926 calon haji yang tergabung dari Embarkasi Batam dan Embarkasi Antara dengan 32 kelompok terbang (kloter) pada musim haji 2023.  

Vice President Corporate PT Bandara Internasional Batam Aidhil P Julian mengatakan adapun jumlah calon haji tersebut terdiri dari JCH Kepri sebanyak 1.291 orang, JCH Riau 5.047 orang, JCH Jambi 2.909 orang, JCH Kalimantan Barat 2.519 orang, dan petugas kloter sebanyak 159 orang.

"Terkait dengan persiapan Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan skenario operasi mulai dari pengalokasian ruang tunggu, metode pemeriksaan yang dilakukan dengan bekerjasama dengan Asrama Haji dan Bandara keberangkatan untuk Haji Antara," kata Aidhil dalam keterangan yang diterima di Batam, Rabu.

Ia menyampaikan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan, maka skenario pemeriksaan keamanan untuk penumpang calon haji Embarkasi Batam dilakukan di asrama haji Batam.

"Dan untuk itu Bandara Hang Nadim telah mempersiapkan tempat, petugas dan peralatan dengan metode yang sama sehingga jaminan keamanan bagi jamaah haji tetap berlaku standar sebagai penumpang pesawat udara," ujar dia.

Adapun penerbangan pengumpan (feeder flight) yang akan dilayani dalam keberangkatan JCH adalah 25 penerbangan dari Riau dan Jambi, sehingga Bandara Hang Nadim akan menjadi simpul keberangkatan.

"Sehingga dengan demikian untuk memastikan terselenggaranya pelayanan operasi penerbangan Haji 2023 PT Bandara Internasional Batam telah mempersiapkan satuan tugas khusus yang fokus bertugas untuk memastikan operasi penerbangan Haji 2023," kata Aidhil.

Baca juga: Jamaah calon haji Indonesia kloter 1 embarkasi JKG tiba di Madinah

Baca juga: Dapur katering siap sajikan menu nusantara untuk jamaah Indonesia

Baca juga: Lima calon haji kloter 1 Embarkasi Batam batal berangkat


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023