Jakarta (ANTARA) - Aplikasi belanja daring Tokopedia hadirkan fitur Augmented Reality (AR) untuk memudahkan konsumen memilih produk sesuai kebutuhan.

Kepala Strategi Kategori dan Kemitraan Tokopedia Azzahra Rahmani Ali mengatakan fitur tersebut dapat digunakan untuk mencoba produk kecantikan, seperti warna lipstik, alas wajah (foundation), dan lainnya secara virtual sebelum membeli produk secara fisik.
 
Untuk mencoba fitur AR tersebut, cukup mengetik “Virtual Try On” pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Pada halaman tersebut, akan muncul tulisan “Cobain barangnya, yuk!” dan dapat disesuaikan dengan warna pilihan yang diinginkan.
 
“Fitur AR ini dapat dinikmati pengguna android dan iOS dengan aplikasi Tokopedia versi terbaru,” kata Azzahra di acara peluncuran fitur AR Tokopedia di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Tokopedia kembangkan pasar melalui program digitalisasi pasar
 
Fitur terbaru di aplikasi Tokopedia. (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
 
Selain fitur AR, Tokopedia juga menghadirkan fitur baru “Keyboard Tokopedia” khusus pengguna iOS dan “Bagikan Alamat.” “Keyboard Tokopedia” berguna untuk membagikan barang yang ada di daftar keinginan Tokopedia kepada orang lain, seperti teman atau kerabat. Untuk menggunakannya, cukup aktifkan fitur “Keyboard Tokopedia” di pengaturan.
 
Fitur “Bagikan Alamat” memudahkan konsumen untuk mengirimkan produk ke alamat tujuan tanpa perlu mengetik secara manual. Konsumen dapat menggunakannya dengan mengklik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih ‘Daftar Alamat.’ Pilih ‘Dari Teman,’ lalu klik ‘Minta Alamat Ke Teman Kamu.’ Setelah itu, konsumen dapat memasukkan email atau nomor ponsel orang yang ingin dikirimi produk, lalu klik ‘Minta Alamat.’
 
Kemudian, terdapat fitur baru khusus penjual di aplikasi Tokopedia, yaitu “Fitur Spesifikasi”, “Katalog Tokopedia,” dan “Kurir Rekomendasi.” Pada “Fitur Spesifikasi,” penjual dapat memberikan informasi produk yang dijual dengan lengkap. Untuk “Katalog Tokopedia,” penjual dapat melakukan kurasi produk unggulan agar konsumen dapat membandingkan produk berdasarkan spesifikasi tertentu.
 
Selain itu, fitur “Kurir Rekomendasi” yang menggunakan kecerdasan buatan tersebut berguna untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa. Khusus layanan ini, sementara tersedia di Jabodetabek, Medan, Deli Serdang, Yogyakarta, Bantul, Sleman, Semarang, dan lainnya serta akan terus bertambah ke kota lainnya.
 
“Dengan ‘Kurir Rekomendasi,’ penjual bisa mengatur jadwal pick up barang dan live chat bersama tim khusus,” kata Azzahra.

Baca juga: Tokopedia catat transaksi produk makanan naik tajam di kuartal I 2023

Baca juga: Tokopedia berupaya cegah penjualan barang ilegal dan bajakan

Baca juga: Tokopedia catat peningkatan transaksi antarpulau di beberapa wilayah

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2023