Tokyo (ANTARA News) - Perekonomian Jepang kemungkinan akan meningkat 2,5 persen pada tahun fiskal 2013 yang mulai pada April, pemerintah mengatakan Senin.

Proyeksi ini didasarkan pada ekspektasi bahwa kebijakan fiskal dan moneter progresif Perdana Menteri Shinzo Abe akan meningkatkan permintaan domestik dan ekonomi luar negeri yang berbalik naik akan mendorong ekspor, lapor Xinhua.

Proyeksi pemerintah untuk produk domestik bruto riil kurang lebih sejalan dengan perkiraan bank sentral Jepang (BoJ) yang dikeluarkan pekan lalu.

"Jepang sedang menyusun strategi pertumbuhannya menyusul langkah-langkah stimulus darurat ... Saya pikir Jepang akan mampu mencapai proyeksi pertumbuhan jika strategi ini dilaksanakan dengan cepat," kata Menteri Ekonomi Akira Amari dalam konferensi pers setelah rapat kabinet di Tokyo.

Perkiraan ekonomi Kantor Kabinet dikeluarkan setiap tahun dan direvisi setiap musim panas. Proyeksi ini akan berfungsi sebagai dasar untuk menentukan anggaran pemerintah, sebuah rancangan yang kemungkinan besar akan disetujui oleh kabinet pekan ini, menurut laporan.  (A026/B012)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013