Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah pebulu tangkis kelas dunia akan memanaskan persaingan untuk membela klubnya masing-masing dalam "Djarum Superliga Badminton 2013" karena tidak hanya diikuti oleh klub lokal tetapi juga klub asing dari Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan.

Pada pengundian yang dilakukan Selasa bertempat di Bali Room Hotel Kempinski, menunjukkan peta kekuatan di setiap grup hampir merata. Klub SGS PLN Bandung yang merupakan juara bertahan tim putra di Superliga 2010 menargetkan untuk mempertahankan gelar meskipun persaingan pada turnamen yang berhadiah total Rp1,6 miliar ini semakin ketat.

"Target kami mempertahankan gelar dua tahun lalu meskipun sekarang lebih rame, ada Lee Chong Wei dan Sony juga lagi bagus. Semua tim merata. Tetapi saya yakin lebih rame," kata pebulu tangkis Taufik Hidayat, mewakili tim yang akan dibelanya SGS PLN Bandung, saat jumpa pers.

Sementara itu klub Jaya Raya Suryanaga yang sebelumnya memegang juara tim putri membidik masuk finalis pada turnamen yang akan berlangsung 3-9 Februari 2013 di DBL Arena, Surabaya itu.

"Target masuk finalis saja karena ada klub-klub dari Korea jadi peluang agak berat," ujar Manajer klub, Sunoto.

Hadirnya pemain kelas dunia memang meningkatkan tensi persaingan antarklub untuk menuju podium juara. Bahkan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei, pun ikut bermain untuk memperkuat tim Musica Champion Kudus. Selain Chong Wei, kubu Musica juga didukung pemain terbaik Korea Selatan, Lee Hyun-il dan Chen Chou Tien asal Taiwan.

Klub-klub besar lain juga mengandalkan tenaga para pemain Impor seperti Jaya Raya Jakarta yang akan didukung dua bintang asal Thailand, Boonsak Ponsana dan Tanongsak Saensomboonsuk. Tangkas Specs Jakarta mengandalkan Nguyen Tien Minh, pemain ranking delapan dunia asal Vietnam dan ganda Thailand, Bodin Issara-Maneepong Jongjit yang berada di posisi kedelapan dunia serta Nipitphon Puangpuapech asal Thailand.

Untuk SGS PLN Bandung, diperkuat pemain rangkin 16 dunia asal China, Wang Zhengming dan pemain rangkin tujuh BWF, Kenichi Tago asal Jepang. Sementara di sektor ganda mengandalkan Lee Sheng Mu-Tsai Chia Hsin. Sementara itu Jaya Raya Suryanaga Surabaya telah meminang pebulu tangkis ranking enam dunia, Hu Yun asal Hong Kong serta Wong Wing Ki juga asal Hong Kong.

Pada kelompok putri juga akan dimeriahkan bintang bulu tangkis seperti Juliane Schenk asal Jerman, Tai Tzu Ying (Taiwan), Eriko Hirose, Minatsu Mitani, Matsuo Shizuka, Mami Naito asal Jepang, Porntip Buranaprasertsuk, Busana Ongbumrungpran dari Thailand.

Berikut hasil undian Superliga 2012:

Tim Putra Grup A 1. Jaya Raya Suryanaga Surabaya 2. Tangkas Specs Jakarta 3. Mutiara Bandung 4. Unisys Jepang 5. Djarum Kudus Grup B 1. SGS PLN Bandung 2. Malaysia Tigers Badminton Club 3. Jaya Raya Jakarta 4. Musica Champion Kudus 5. Tonami Badminton Club Jepang.
 
Tim Putri Grup C 1. Jaya Raya Jakarta 2. Mutiara Bandung 3. Malaysia Tigers 4. Unisys Badminton Club Jepang Grup D 1. Djarum Kudus 2. Jaya Raya Suryanaga Surabaya 3. KGC Badminton Club Korea 4. Renesas Badminton Club Jepang

(M047) 

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2013