Jayapura (ANTARA News) - Klub Persipura Jayapura mengalahkan tamunya Persepam Madura dengan empat gol tanpa balas di stadion Mandala Jayapura, Kamis sore waktu setempat.

Keempat gol anak asuh Jackson f Thiago itu diciptakan oleh Patrick Wanggai di menit ke-8 babak pertama, dua gol dari kaki kapten tim Boas Salossa di menit ke-31 babak pertama dan dimenit ke-51 yang memanfaatkan bola muntah tangkapan yang kurang sempurna dari kiper Persepam, Alvonsius Kelvan.

Kemudian satu gol lainya dipersembahkan oleh pemain spesialis pengganti "super sub" Lukas Mandowen di menit ke-79.

Jalannya pertandingan di babak pertama yang dipimpin oleh wasit Jery Ely bisa dikatakan berjalan normal, namun di 15 menit pertama, anak asuh Daniel Roekito itu dikepung oleh Boas Salossa dan kawan-kawan.

Terhitung hanya beberapa peluang yang didapatkan dari klub asal Pamekasan tersebut, di antaranya tendangan keras pemain Persepam Ishak JM Jober masih jauh di atas mistar gawang Yoo Jae Hoon.

Hingga tambahan waktu dua menit di babak pertama baik Persipura dan tim tamu Persepam tidak lagi menambah pundi-pundi gol. Skor masih 2-0 untuk Persipura.

Memasuki babak kedua, di menit pertama, pelatih Daniel Roekito langsung memasukan Indrianto Nugroho menggantikan Muhammad Husein yang dinilai tampil kurang sempurna mengawal pertahanan belakang klub asal Pamekasan itu.

Namun hal itu tidak bisa menghentikan Boas Salossa melesakkan tendangan kerasnya setelah berhasil mencuri bola tangkapan tidak sempurna dari kiper Persepam. Skor 3-0 untuk tuan rumah.

Pasukan Persepam yang dipimpin oleh Michael Orah yang tampil menggunakan kostum biru bergaris hitam itu terlihat susah mengembangkan permainan. Terkesan mereka begitu berhati-hati dalam melakukan penyerangan dan hanya sesekali melakukan serangan balik.

Dimenit 64, kembali kubu Persepam memasukkan Firli Apriansyah menggantikan Ishak JM Jober, sedangkan di tim tuan rumah menarik Imanuel Wanggai dengan memasukan Ferdinando Pahabol.

Masuknya mantan penyerang Persidafon Dafonsoro yang bertubuh semampai itu, membuat permainan tim berjuluk Mutiara Hitam itu kian berkembang dan ribuan suporter fanatik serta penonton dibuat kagum dengan Pahabol yang meliuk-liuk sambil menggiring bola kearah barisan pertahanan Persepam Madura.

Lukas Mandowen yang baru masuk menggantikan Zah Rahan Krangar berhasil memperdayai kiper Persepam di menit ke-79, setelah tendangan "plecing" kearah atas gawang tidak dapat diblok sempurna. Skor pun berubah 4-0 untuk tuan rumah. Penonton bersorak gembira.

Hingga perpanjangan waktu dua menit, baik tuan rumah dan tim tamu tidak lagi bisa menambah pundi-pundi golnya.

Susunan pemain:
Persipura Jayapura: 1. Yoo Jae Hoon (Kiper), 45. Bio Pauline Piaere, 5.Oktavio Dutra, 26. Ortisan Salosa, 11.Lim Jun Sik, 15.Gerard Pangkali, 10.Zah Rahan/Lukas Mandowen, 11.Imanuel Wanggai/Ferdinando Pahabol, 21.Yustinuas Pae, 86 Boas salosa (C), 88 Patrick Wanggai/David Laly, pelatih kepala Jacksen F Tiago.

Persepam VC: 1. Alvosius Kelvan (kiper) 19.Muhammad Husein/Indrianto Nugroho, 24. Michael Orah (C), 26 .Fahrudin Wahyu, 8.Kwon Jun, 15.Choirul Mashuda, 21.Kim Sung Yeon, 18.Adel Mund Kristian, 7.Ishak JM Jober/Firly Apriansyah, 22.Rossi Nofrianis, 10. I Osas Marualleus, Pelatih Daniel Rukito.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013