Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 186 mahasiswa dari  93 perguruan tinggi se-Sumatera ambil bagian pada kompetisi "National University Debating Championship (NUDC)" yaitu Kejuaraan Debat Universitas Nasional tahun 2023 di Pekanbaru.

"Terimakasih kepada Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) telah menunjuk Universitas Riau (Unri) sebagai penyelenggara seleksi tingkat Wilayah I Sumatera NUDC tahun 2023," kata Rektor UNRI Prof Dr Sri Indarti SE MSi dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Dikatakan, BPTI konsisten meningkatkan dan mengembangkan talenta mahasiswa Indonesia melalui kegiatan NUDC.

Program ini sejalan dengan program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), NUDC hadir dalam mengembangkan talenta mahasiswa dalam berdebat maupun komunikasi.

Penyelenggara kegiatan ini berada dalam naungan Pusat Prestasi Nasional (Pupresnas) dan BPTI dengan juri Inti dari Universitas Lampung dan Institut Teknologi Bandung serta dari Universitas Negeri Surabaya, Universitas Indonesia, Universitas Katolik Atmajaya Jakarta, dan profesional.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Asep Sukmayedi SIP MSi, dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Unri yang telah bersedia menyelenggarakan NUDC Tahun 2023 sebagai tuan rumah.

"Kami sangat berbangga dapat bekerjasama dengan Unri. Semenjak mulai perlombaan debat ini tahun 2008, kami menyadari pentingnya wadah dalam peningkatan kualitas lulusan maupun pembinaan kemahasiswaan yang ada di perguruan tinggi," ujarnya.

Oleh karena itu, NUDC secara konsisten kita lakukan terus bahkan ketika seluruh kegiatan pengembangan prestasi mahasiswa. Dimana seluruh ajang talenta kompetisi ini dipusatkan prestasi nasional yang sekarang dilaksanakan UPT Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

Lebih lanjut dijelaskan, NUDC ini tetap kita pertahankan dan dikembangkan, ajang ini akan menjadi ajang yang memantik semangat mahasiswa untuk meningkatkan prestasi dan identifikasi talenta debat dijadikan perwakilan Indonesia untuk tingkat nasional.

Ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri, mengembangkan potensi dan bakat dalam pengembangan pemikiran, daya nalar, komunikasi, dan kemampuan lain yang sangat diperlukan oleh mahasiswa ketika meniti karir.

“Selamat para peserta yang mengikuti ajang talenta ini, semoga bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya kita tunggu para peserta di NUDC tingkat nasional,” ucapnya.

Pada tahun 2023 ini NUDC merubah format skema seleksi tingkat wilayah dimana semenjak tahun 2020 sampai dengan 2022 masa pandemi seleksi wilayah dilakukan dengan sistem submit video, namun pada tahun ini seleksi tingkat wilayah dilaksanakan dengan sistem turnamen debat dengan enam babak penyisihan dan tiga babak eliminasi yang dibagi dalam tujuh wilayah.

"Secara maraton kita laksanakan setiap wilayah untuk nanti dipertemukan tingkat nasional. Oleh karena itu, sangat bergembira dan senang menyambut para peserta," demikian Asep.
Baca juga: Siapkan generasi antipencucian uang, PPATK gelar lomba debat mahasiswa
Baca juga: Bahlil jawab tantangan debat terbuka UU Cipta Kerja dengan aktivis
Baca juga: Mahasiswa UMI sabet juara debat nasional di Unnes

Pewarta: Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2023