Beijing (ANTARA) - China berencana memperkuat pendidikan sains di tingkat sekolah dasar dan menengah, guna memastikan sistem yang lebih tepat dapat diterapkan dalam jangka tiga hingga lima tahun, kata Kementerian Pendidikan China pada Senin (29/5).

Harus ada peningkatan signifikan, baik dalam hal kualitas pendidikan sains maupun dalam hal literasi sains siswa di sekolah dasar dan menengah, menurut sebuah dokumen pedoman yang baru dirilis.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk memastikan para siswa memiliki kurikulum sains yang lengkap, akses ke program pembelajaran yang memadai, dan pendidikan sains yang berkualitas, menurut dokumen itu.

Dokumen tersebut menyerukan pembuatan standar untuk program pembelajaran dan buku pelajaran sains serta menekankan pentingnya eksperimen dalam pengajaran sains.

Dokumen itu menyebutkan bahwa pihak otoritas harus membangun platform untuk mengidentifikasi talenta muda di bidang sains, dan membimbing anak-anak muda ini untuk mendedikasikan diri pada sains dan penelitian.

Dokumen tersebut juga mencakup pedoman untuk kemitraan dengan lembaga-lembaga sains untuk memberikan saran di sekolah, desain ujian dan tes sains, serta penempatan staf asisten laboratorium dan peneliti kurikulum sains di sekolah dasar dan menengah.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023