Jakarta (ANTARA) - Komunitas dinilai memiliki peran yang penting bagi pengembangan diri terutama dalam pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris.

“Lingkungan yang mendukung di komunitas, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing,” ujar General Manager Wall Street English (WSE) Indonesia, Diana Iskandar, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Kegiatan yang ada di komunitas mendorong partisipasi aktif para anggota baik melalui pertemuan rutin, lokakarya maupun pameran. Selama ini yang menjadi persoalan dalam pembelajaran bahasa Inggris di Tanah Air, adalah rendahnya kepercayaan diri. Khawatir salah dalam penggunaan tata bahasa dan ditertawakan selalu membayangi sebelum memulai percakapan bahasa Inggris.  

Padahal, lanjut dia, bagi orang dewasa tidak perlu memahami struktur grammar secara benar dan hal itu bukanlah masalah besar. Menurut dia, yang lebih penting adalah kepercayaan diri dalam memulai percakapan.

Pemenang Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari Wisandana, mengakui kepercayaan diri menjadi hal yang penting sebelum memulai percakapan dalam bahasa asing. Komunitas berperan penting dalam mendukung seseorang dalam mempelajari bahasa asing.

“Saya banyak mendapat masukan dan wawasan saat masuk dalam ruang lingkup komunitas. Banyak informasi baru yang sebelumnya tidak kita ketahui,” kata Farhana.

Dalam meningkatkan pembelajaran, WSE membentuk empat komunitas yang menawarkan pengalaman pengembangan diri bagi individu yang ingin naik level bersama.

Komunitas pertama adalah LEAP, yang ditujukan bagi individu yang mengutamakan pertumbuhan akademik dan karir. Komunitas kedua ada The Syndicate bagi individu yang ingin memperluas jaringan bisnis dan mengembangkan hubungan profesional. Ketiga, ada CRE-8 untuk individu yang memiliki minat dalam seni, kreativitas, dan inovasi. Keempat, ada Re-Charge untuk individu yang menekuni gaya hidup sehat. 

Baca juga: Modul "online" terbaru dari Cambridge bantu pengajar bahasa Inggris meningkatkan keahlian pelajar dalam dunia kerja

Baca juga: EF dorong penguasaan Bahasa Inggris pelaku sektor strategis

Baca juga: INKA beri bantuan pelatihan bahasa Inggris bagi anak panti asuhan


Pewarta: Indriani
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023