Pangkalpinang (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahudin Uno akan mengangkat Food Milenial Festival (FMF) Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara 2024, guna meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan internasional.

"Kita ingin FMF ini diangkat menjadi dan masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara tahun depan," kata Sandiaga Uno saat menghadiri workshop kabupaten/kota kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia 2023 di Pangkalpinang, Bangka, Sabtu.

Ia mengatakan Kharisma Event Nusantara atau KEN ini merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan pariwisata untuk mempromosikan dan menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saat ini Pemkot Pangkalpinang menggelar FMF yang dihadiri ratusan pelaku UMKM dan saya berharap pesta kuliner ini dimasukkan ke dalam agenda tahunan KEN, agar event FMF ini bisa dipromosikan ke tingkat nasional dan internasional," ujarnya.

Ia berharap Food Milenial Festival (FMF) di Kota Beribu Senyuman ini dapat dirangkaikan dengan kegiatan KEN 2024, sehingga dapat mendorong pengembangan pelaku ekonomi kreatif dalam mendorong dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Dengan dimasukkan FMF ke event KEN tentunya pengemasannya akan lebih baik dan menarik lagi untuk dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara ke daerah ini," katanya.

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil sangat menyambut baik Kemenparekraf memasukkan FMF ke dalam KEN 2024.

“Kita harap dengan dimasukkannya FMF ke KEN tahun depan, UMKM di Provinsi Kepulauan Babel khususnya Kota Pangkalpinang dapat naik kelas serta terus berinovasi dan mendapat jaringan yang luas,” katanya.

Baca juga: Festival Van Der Wijck berhasil masuk agenda Kharisma Event Nusantara

Baca juga: Hari Nelayan Palabuhanratu masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2023

Pewarta: Aprionis
Editor: Sella Panduarsa Gareta
COPYRIGHT © ANTARA 2023