Bogor (ANTARA) - Pendidikan karakter menjadi salah satu urgensi pendidikan Indonesia di tengah gempuran perkembangan teknologi saat ini. Pendidikan karakter perlu diberikan kepada siswa sejak dini sehingga mereka memiliki kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai-nilai agama dan Pancasila. Untuk itu diperlukan beragam bentuk program maupun kegiatan yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter bagi peserta didik khususnya di jenjang sekolah dasar.
 
Mentari Group bersama ASTA Ilmu Publishing menghadirkan program buku pembangunan karakter Ibu Pertiwi pada 2021 untuk secara khusus menjawab tantangan dan kebutuhan para pendidik akan pentingnya pembangunan karakter berdasarkan nilai-nilai Pancasila serta melahirkan generasi muda yang unggul dan cerdas berkarakter sesuai Profil Pelajar Pancasila. Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi merupakan tindak lanjut dari program buku Ibu Pertiwi yang telah digunakan sebagai bahan pembelajaran di berbagai sekolah di Indonesia selama tiga tahun terakhir ini.

Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Peserta diajak untuk mengaktualisasikan karakter bangsa berlandaskan Pancasila melalui berbagai kegiatan, di antaranya pameran karya yang telah dibuat oleh peserta secara pribadi dan berkelompok di sekolahnya, aktivitas bermain ular tangga Pancasila, bercerita, dan kesempatan untuk siswa mempresentasikan karya mereka yang telah dipajang. Semua kegiatan yang dilakukan pada Jambore ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang komprehensif, bukan hanya kepada peserta didik tetapi juga para pendidik. Hal ini disampaikan oleh Hendro Hassen, Direktur Program ASTA Ilmu Publishing pada saat pembukaan acara Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi yang dilaksanakan pada hari ini di Gedung Bogor Creative Center (BCC), Jawa Barat.

“Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi diadakan sebagai program berkelanjutan untuk pengembangan karakter peserta didik di Indonesia. Melalui kegiatan yang beragam ini kita harap akan terbangun suasana pembelajaran yang komprehensif, integratif, dan aplikatif serta menyenangkan. Melalui kegiatan ini nilai-nilai Pancasila, yaitu Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan YME, Berakhlak Mulia, Berkebinekaan Global, Bernalar Kritis, Mandiri, Gotong Royong, dan Kreatif ditanamkan dengan cara kreatif di kelas dan kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi oleh Mentari Group dan ASTA Ilmu Publishing sukses dilaksanakan dengan kolaborasi pendidikan tingkat tinggi menggandeng Universitas Tarumanagara Fakultas Seni Rupa dan Desain dalam merancang kegiatan siswa yang mengimplementasikan nilai Pancasila di sekolah sejak November 2022 hingga Mei 2023 dan juga pelaksanaan puncak Jambore di mana seluruh sekolah pengguna program Ibu Pertiwi hadir dan mengikuti pameran, kegiatan bercerita, dan diakhiri dengan ular tangga Pancasila.

Dr. Kurnia Setiawan selaku pelatih pada Jambore Nasional sekaligus juga Dekan dari Universitas Tarumanagara Fakultas Seni Rupa dan Desain menyatakan bentuk dukungannya dalam pelaksanaan Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi ini merupakan salah satu bentuk pengembangan karakter peserta didik dengan cara yang menyenangkan “Kegiatan ini merupakan kolaborasi bersama Mentari Group untuk mendukung pengembangan karakter siswa dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan interaktif, menarik, dan kreatif bersama para pendidik dan siswa, seperti yang hari ini dilakukan yaitu pameran, bercerita, dan juga permainan ular tangga Pancasila,” tuturnya. “Ular tangga Pancasila ini merupakan sebuah permainan kreatif di mana siswa akan belajar kerja sama dengan temannya, belajar gotong royong, dan bernalar kritis yang mana ini sejalan dengan nilai-nilai pada Profil Pelajar Pancasila,” lanjutnya.

Puncak pelaksanaan Jambore Nasional Bersama Ibu Pertiwi ini diikuti dengan sangat antusias oleh peserta yang hadir. Pada penghujung kegiatan, Mentari Group dan ASTA Ilmu Publishing memberikan apresiasi kepada para peserta dengan memberikan penghargaan khusus kepada peserta dengan karya terpilih mereka yang mewakili sekolah dan berhasil dalam menciptakan dan mempresentasikan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila bersama guru dan teman-temannya di sekolah. Harapannya, Jambore Ibu Pertiwi dapat diselenggarakan secara berkelanjutan dalam skala yang lebih luas setiap tahun sebagai wadah bagi sekolah untuk membangun karakter sehingga melahirkan generasi emas di masa depan.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2023