Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Provinsi Jawa Tengah mengimbau masyarakat yang mengantar calon haji tidak perlu sampai Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali karena akan menambah kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu.

"Kami imbau kepada masyarakat yang mengantar jamaah calon haji tidak perlu sampai ke Embarkasi Solo Asrama Haji Donohudan, Boyolali, karena calon haji setelah masuk asrama akan disibukkan mengikuti tahapan proses untuk keberangkatan ke Tanah Suci," kata Juru Bicara PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Boyolali, Senin.

Jika warga mengantarkan calon haji sampai Embarkasi Solo dan ingin ketemu calon haji, katanya, hal itu akan menyita waktu jamaah dalam proses pengurusan keberangkatan di tempat tersebut.

Ia mengatakan jamaah calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci perlu waktu yang cukup untuk cek kesehatan, istirahat cukup, penerimaan paspor, uang saku, gelang identitas, dan konsumsi dari pihak embarkasi.

"Pengantar cukup sampai saat acara pelepasan di daerahnya pendopo kabupaten dan kota saja, karena hal itu, sudah cukup. Calon haji kalau di embarkasi sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kami sebagai PPIH untuk menerima melayani dengan penuh komitmen sehingga jamaah merasa puas, nyaman, dan tenang," kata Gentur.

PPIH Embarkasi Solo pada Senin ini dijadwalkan memberangkatkan jamaah calon haji Jateng ke Tanah Suci sebanyak empat kloter, yakni kloter 36 asal Kabupaten Tegal, pukul 00.50 WIB, kloter 37 asal Kabupaten Pemalang dan Tegal, pukul 09.10 WIB, kloter 38 asal Pemalang, pukul 16.40 WIB, dan kloter 39 asal Pemalang dan Pekalongan, pukul 18.20 WIB

Calon haji kloter 36 telah diterbangkan ke Tanah Suci, pukul 00.55 WIB, dengan jumlah 359 orang, sehingga total yang sudah diterbangkan dari embarkasi setempat 12.907 orang.

Baca juga: PPIH Embarkasi Makassar lepas JCH Maluku Utara

PPIH Embarkasi Solo pada Senin ini juga telah kedatangan jamaah calon haji dari daerah untuk tiga kloter, yakni kloter 40 asal Kabupaten Pekalongan, pukul 06.00 WIB dengan jumlah 360 orang, kloter 41 asal Kabupaten dan Kota Pekalongan serta Batang dijadwalkan tiba pukul 09.00 WIB dan kloter 42 asal Kabupaten Batang, pukul 12.00 WIB.

Jumlah anggota jamaah calon haji Embarkasi Solo yang sudah datang di Asrama Haji Donohudan Boyolali hingga kloter 40 mencapai 14.369 orang.

Dia menyampaikan perkembangan jumlah calon haji Embarkasi Solo yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi tercatat 14 orang, terdiri atas lima orang di Mekkah dan sembilan orang di Madinah. Jamah calon haji dari Jateng meninggal dunia di Tanah Suci tercatat tiga orang.

Anggota jamaah calon haji yang sakit dan dirujuk ke rumah sakit setiba di Embarkasi Solo tercatat 12 orang terdiri atas RSU Dr. Moewardi Solo tiga orang, RS TNI AU empat orang, RSUP empat orang dan poliklinik asrama satu orang. Calon haji tertunda berangkat ke Tanah Suci karena kondisi kesehatan 16 orang.

Baca juga: 367 calon haji Riau diberangkatkan ke embarkasi Batam
Baca juga: 4.303 calon haji Aceh sudah berada di Arab Saudi, tersisa kloter 12
Baca juga: Memperjuangkan Ternate jadi embarkasi haji

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023