San Pedro Sula, Honduras (ANTARA News) - Usaha Amerika Serikat untuk mendapat satu tempat pada putaran final Piala Dunai 2014 di Brazil mengalami satu kemunduran saat mereka kalah 1-2 dari tuan rumah Honduras di San Pedro Sula, Rabu, dalam laga pembukaan putaran akhir kualifikasi zona CONCACAF.

Sebanyak sembilan pertandingan lagi masih tersisa dan harus dimainkan Timnas AS asuhan Juergen Klinsmann itu karena mereka tengah berusaha untuk dapat lolos ke putaran final tahun depan.

Tetapi mereka dalam pertandingan mendatang kembali mendapat tantangan berat dari tuan rumah Meksiko dalam laga di Mexico City, karena kekalahan saat ini membuat tekanan terhadap tim AS untuk menang semakin meningkat.

Dalam kondisi cuaca yang panas dan lembab, AS berjuang untuk menemukan irama permainan mereka namun mereka berhasil mencetak satu gol di menit ke-35 berkat inspirasi permainan individu.

Pemain tengah Jermaine Jones menembakkan bola lambung ke lini pertahanan tuan rumah untuk memberi umpan bagi Clint Dempsey dan striker Tottenham menyelesaikannya dengan tendangan voli yang melesak masuk ke gawang Honduras.

Namun keunggulan itu hanya berlangsung empat menit karena pemain tengah Honduras Juan Carlos Garcia menyamakan kedudukan lewat satu tembakan yang brillian dari dalam kotak penalti.

Reuters melaporkan, Honduras mendominasi permainan di babak kedua lewat serangan bersama pasangan Jerry Bengtson dan Carlo Costly yang merepotkan duo pertahanan tengah AS Geoff Cameron dan Omar Gonzalez.

Tidak terlalu mengejutkan saat Honduras berhasil menyarangkan gol kemenangan pada sisa waktu 12 menit dari sisa waktu reguler - Bengtson, who bermain di AS bagi klub New England Revolution, memanfaatkan peluang saat pertahanan lawan melemah dan melesakkan bola masuk ke gawang yang tidak terjaga.

Timnas AS akan kembali beraksi melawan Kosta Rika di Denver pada 22 Maret mendatang dengan satu pertandingan tandang menghadapi Meksiko di Mexico City empat hari kemudian dimana mereka diharuskan menang.

"Ini adalah awal yang berat. Kami tahu itu, tiga dari empat pertandingan adalah laga tandang tetapi pertandingan adalah pertandingan dan kami harus memperbaikinya saat melawan Kosta Rika dan kemudian Meksiko," ujar Klinsmann kepada ESPN.

(SYS/A016/A011)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013