Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri Kanada Stephen Harper meluangkan 15 menit di sela-sela pekerjaannya demi menyelesaikan buku tentang olahraga hoki.

Buku yang masih belum diberi judul itu rencananya keluar pada bulan November.

Penerbit Simon & Schuster mengatakan buku itu bercerita tentang sejarah hoki. Buku itu akan berisi arsip dari koran-koran tua untuk menggambarkan hoki saat peralihan abad ke-20.

Harper merupakan penggemar berat olahraga terpopuler di negerinya itu. Ia menulis setiap sore dan menikmati risetnya tentang hoki.

"Zaman awal hoki profesional mengambarkan lebih dari sekedar orang-orang yang berjuang demi olahraga yang kita kenal dan kita sukai sekarang," katanya, melalui pernyataan.

"Menulis buku ini mengajarkan saya banyak hal tentang hoki dan lebih banyak lagi tentang Kanada. Saya harap pembaca menyukainya sama seperti saya menikmati menulisnya," kata Harper, seperti yang dikutip dari Reuters.

Harper tidak menggunakan jasa penulis bayangan dalam membuat buku ini dan sangat berhati-hati dalam melakukan riset. Ia juga tergabung dalam Perhimpunan Penelitian Hoki Internasional.

Harper juga berusaha netral dengan tidak menonjolkan tim tertentu, meski ia mengaku jatuh cinta dengan Toronto Maple Leafs, yang menjuarai Stanley Cup tahun 1967.

Penghasilan yang didapat dari buku ini akan diberikan untuk Millitary Families Fund, bantuan untuk keluarga militer.
(nta)

Penerjemah:
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013