Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) sukses menggelar penataran juri wushu internasional yang menjadi agenda dari Federasi Wushu Internasional (IWUF) di Internasional (IWUF) di Discovery Kartika Plaza Hotel Kuta, Bali, 31 Mei hingga 5 Juni.

Sebanyak 234 peserta yang berasal dari 27 negara anggota IWUF turut mengikuti kegiatan kali ini.

Ketua Panitia Pelaksana Penataran Juri Wushu Internasional Novita mengatakan dari jumlah tersebut 17 peserta diantaranya yang lulus berasal dari Indonesia.

"Saya bersyukur pelaksanaan penataran juri wushu internasional berlangsung sukses. PB WI juga memberikan apresiasi kepada sembilan juri Indonesia yang kembali mendapatkan sertifikat internasional IWUF dan delapan juri Indonesia lainnya yang baru mendapat sertifikat internasional IWUF," kata Novita dalam keterangan tertulis Kemenpora, Senin.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang menutup kegiatan ini secara virtual pada Senin malam waktu setempat mengapresiasi dan memberikan selamat kepada peserta yang lulus pada kegiatan Internasional Wushu Judges Trainning and Certification Course (IWJTCC) 2023 tersebut.

"Semoga dengan didapatkannya predikat juri internasional, makin banyak wasit berkompetensi internasional mampu memberikan dedikasi, menciptakan atmosfer pertandingan dan perlombaan yang lebih kompetitif, meningkatkan kualitas wushu serta meningkatkan kepercayaan diri atlet dalam bertanding dan berlomba," kata Dito.

"Hal ini tentu akan mampu mendorong prestasi wushu Indonesia yang lebih baik dan bersaing di level internasional," ujarnya menambahkan.

Dito juga memberikan apresiasi kepada Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto atas komitmen dalam mengembangkan cabang olahraga wushu Indonesia.

Menurutnya Airlangga dinilai sukses membina atlet karena tim wushu Indonesia baru saja mendapatkan juara umum pada ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Tak hanya pembinaan atlet, PB WI juga mampu menghadirkan kegiatan olahraga wushu taraf internasional dengan sangat baik, di antaranya Indonesia sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior di 2022.

PB WI juga mendapatkan kepercayaan IWUF menggelar IWJTCC 2023 di Bali.

"Saya sangat berharap kesuksesan penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi jalan dan memberikan kepercayaan kepada Indonesia untuk dapat menyelenggarakan event internasional bergengsi lainnya baik level junior maupun senior di masa depan," kata Dito.

"Setelah sukses menggelar kejuaraan dunia wushu junior dan IWJTCC di Bali, kami berharap Indonesia juga berkesempatan menyelenggarakan kejuaraan dunia wushu senior nantinya," pungkasnya.

Daftar wasit Indonesia yang lulus Internasional Wushu Judges Trainning and Certification Course (IWJTCC) 2023:

Upgrade
1. Novita (Sanda judge)
2. Agung Alamsyah (Sanda judge)
3. Woldrod Wilson Sibarani (Sanda judge)
4. Subekti Sputro Wijaya (Taolu Judge)
5. Vania Rosalin Irmanto (Taolu judge)
6. Rachmat Dharmadji (Taolu judge)
7. I Nyoman Satriayudha (Taolu judge)
8. David Candra (Taolu judge)
9. Heriyanto (Taolu judge).

Sertifikat Baru
1. Djoko Prakoso (Sanda judge)
2. Rominop (Sanda judge)
3. Gartika Rahmasari (Sanda judge)
4. Yunita Indrawati Wiharja (Taolu judge)
5. Billy Erdianto (Taolu judge)
6. Ardyan Mahadi Sugianto (Taolu judge)
7. Yacob Tandiono (Taolu judge)
8. Jessica Geraldine (Taolu judge)

Baca juga: Capaian prestasi wushu di SEA Games mencapai 150 persen dari target
Baca juga: Menpora sambut kepulangan tim wushu dan atletik dari SEA Games
Baca juga: Wushu borong lima medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2023