Milan (ANTARA News) - Penyerang Juventus Alessandro Matri yakin sang pemuncak klasemen dapat mengatasi tantangan dari tim Fiorentina untuk memperbesar keunggulan mereka atas Napoli pada akhir pekan ini.

Fiorentina menahan imbang Juventus tanpa gol di Florence pada akhir September, dan Matri berkata kepada Juventus.com, "Kami akan melakukan persiapan untuk Fiorentina dengan melihat kembali pada pertemuan pertama kami musim ini, di mana mereka tampil sangat baik dan memberi sejumlah kesulitan pada kami."

"Mereka menikmati laju hebat di liga, namun kami akan menjadi sangat cermat dalam mempersiapkan pertandingan ini dan kemudian bersantai untuk memimpin pertandingan."

Dipertimbangkan sebagai favorit peraih gelar, genggaman Juve kepada gelar scudetto telah diancam oleh raihan gol demi gol dari penyerang Napoli asal Uruguay Edinson Cavani.

Napoli tidak terkalahkan dalam enam pertandingan di mana Cavani, yang belakangan dihubung-hubungkan dengan klub kaya Paris Saint Germain dan Manchester City, menjadi pencetak gol terbanyak di liga dengan raihan 18 golnya.

Pada suasana normal Lazio akan berharap setidaknya dapat berbagi angka di kandang saat menjamu pasukan Walter Mazzarri.

Bagaimanapun Napoli belakangan ini tampil begitu baik, di mana Lazio tidak meraih kemenangan dari tiga pertandingan liga terakhir mereka, termasuk saat dikalahkan Genoa (2-3) dan Chievo (0-1).

Lazio, yang akan menghadapi Borussia Moenchengladbach di babak 32 besar Liga Europa pada pekan depan, juga kehilangan penyerang veteran Jerman Miroslav Klose selama dua bulan ke depan karena cedera paha kanan.

Mereka telah merekrut Louis Saha, namun pelatih Lazio Vladimir Petkovic menegaskan pemain Prancis itu, yang dilepas oleh Sunderland pada bulan lalu, bukan pengganti untuk Klose.

"Klub memutuskan kesepakatan ini untuk membantu mendongkrak ambisi-ambisi kami musim ini, tambahan ini akan memberikan tim yang kompetitif kepada kami," kata Petkovic.

"Saha tidak datang sebagai pengganti untuk Klose. Ia akan kembali sebentar lagi, dan ketika ia melakukannya, itu akan memberi kami peluang-peluang lebih besar di atas lapangan."

Matri, yang dapat melihat waktu bermainnya mulai terbatas saat Juve menguji pemain baru penyerang Prancis Nicolas Anelka, yakin Napoli akan menjadi penantang terbesar Juventus untuk gelar liga yang mereka menangi untuk ke-28 kalinya pada tahun lalu.

"Lazio juga melakukannya dengan baik, namun Napoli telah bermain bersama untuk periode yang lebih lama dan saat ini mereka merupakan rival utama kami," tambahnya.

Dengan kompetisi tinggal memainkan 15 pertandingan liga lagi, upaya untuk mengamankan tempat di kompetisi Eropa musim depan - dengan Liga Champions menjadi tujuan utama - akan semakin intens.

Di saat Juve, Napoli, dan Lazio telah berada di posisi teratas, Inter Milan menjamu Chievo pada Minggu dengan pemahaman bahwa hasil buruk lainnya akan membuat peluang mereka menembus Liga Champions semakin mengecil. Jika itu terjadi, Inter dua musim berturut-turut gagal berpartisipasi di kompetisi antar klub papan atas Eropa tersebut.

Enam pekan yang lalu mereka masih berada di posisi tiga besar, di saat rival sekota AC Milan berjuang untuk memperbaiki penampilan setelah melakukan start terburuk di liga.

Sekarang, Inter yang tidak pernah menang dalam empat pertandingan liga terakhir, telah merosot ke peringkat kelima, terpaut 12 angka dari pemuncak klasemen, dan harus melihat Milan melompati mereka.

Pada awal musim ini, pelatih muda Inter Andrea Stramaccioni (36) dibanding-bandingkan dengan Jose Mourinho. Sekarang ia berada di tengah krisis kecil dan masih tidak dapat memainkan penyerang Argentina Diego Milito yang sedang cedera.

Presiden Inter Massimo Moratti berkata pada pekan lalu, "Apakah saya masih mempercayai Stramaccioni? Tentu saja, namun kami harus khawatir terhadap tim-tim yang merangkak melewati kami."

Sementara itu, Milan, yang naik ke peringkat keempat pekan lalu ketika Mario Balotelli mencetak dua gol saat mengamankan kemenangan 2-1 atas tamunya Udinese, dan akan menghadapi Cagliari di tempat netral yakni di Stadion Olympic Turin.

Cagliari pindah ke stadion baru, Is Arenas pada awal musim ini, namun stadion itu beberapa kali mengalami masalah ketertiban umum/ isu-isu keamanan ketika tim-tim besar Italia bermain di sana, demikian AFP melaporkan.

Jadwal pertandingan:

Sabtu (waktu dalam GMT)
Juventus vs Fiorentina (16.00), Lazio vs Napoli (18.45)

Minggu
Parma vs Genoa, Atalanta vs Catania, Bologna vs Siena, Cagliari vs AC Milan, Palermo vs Pescara, Sampdoria vs AS Roma, Udinese vs Torino (semua dimainkan pukul 13.00), Inter vs Chievo (18.45).

(H-RF) 

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013