Jakarta (ANTARA News) - Ratusan masyarakat Tionghoa memadati pusat perbelanjaan di kawasan Pecinan di Pancoran, Glodok, Jakarta Barat untuk membeli berbagai keperluan menjelang Tahun Baru China atau Imlek.

Berdasarkan pantauan ANTARA di lapangan kios-kios yang paling banyak didatangi pembeli adalah yang menjual keperluan imlek seperti kue keranjang, permen, kacang-kacangan, manisan, aksesoris dan pakaian tradisional China.

Salah satu pembeli yang berasal dari Gajah Mada, Jakarta Acun (55) mengatakan dirinya selalu berbelanja keperluan Imlek di di pasar Pancoran, Glodok.

"Biasanya satu hari menjelang Tahun Baru China, saya dan keluarga datang ke pasar ini untuk membeli berbagai keperluan Imlek," katanya.

Selainberbagai makanan, aksesoris dan pakaian, Acun dan keluarga juga membeli amplop "angpaw" kecil bewarna merah dengan gambar ular.

"Amplop ini untuk bagi-bagi angpaw saat perayaan Imlek," katanya.

Pembeli lainnya yang berasal dari Kemayoran, Liling (32) mengatakan dirinya dan keluarga biasa membeli bunga untuk keperluan sembahyang saat Tahun Baru China.

"Biasanya saya dan keluarga membeli bungan anggrek, mawar atau sedam malam yang banyak dijual menjelang Imlek di kawasan Pecinan ini," katanya.

Dia juga mengatakan, pusat perbelanjaan di kawasan itu merupakan lokasi favorit keluarganya karena menjajakan berbagai keperluan Imlek secara lengkap.

Sementara itu, terlihat bahwa kawasan Pecinan banyak didominasi warna merah.

Warna merah tersebut sebagian besar berasal dari aksesoris seperti lampion dan lain sebagainya yang tergantung di berbagai gedung bangunan yang ada.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013