Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menyiapkan kawasan Pancoran Glodok di Kelurahan Glodok dan Pinangsia, Taman Sari terintegrasi dengan destinasi wisata Kota Tua melalui sejumlah penataan di daerah itu.

"Kami susun konsep penataan kawasan Pancoran Glodok di Kelurahan Glodok dan Pinangsia. Penataannya dimulai dari Gapura Chinatown hingga jembatan Kali Blandongan, yang diperkirakan sejauh 500 meter," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Indra Patrianto menjawab pers, usai meninjau kawasan Pancoran Glodok, Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, sosialisasi rencana itu akan dilakukan mulai Kamis (8/6) dan pembangunan fisik akan dimulai pekan depan. 

Ia memperkirakan penataan akan berlangsung selama tiga bulan dan ditargetkan pada akhir tahun diharapkan kawasan Pancoran akan menjadi ikon wisata baru DKI Jakarta dan terintegrasi dengan Kota Tua.

"Konsep penataan dilakukan secara menyeluruh. Pastinya akan sangat berubah, mungkin perubahannnya 90 persen, baik perbaikan pedestrian, pencahayaan, termasuk area perparkiran di Gloria," katanya. 

Baca juga: Pedagang pernak-pernik Imlek penuhi Jalan Pancoran, Glodok

Dengan kata lain, katanya, kawasan Pancoran akan ditargetkan menjadi kawasan ramah pejalan kaki atau pedestrian.

"Salah satu yang menjadi evaluasi kita adalah parkir liar kendaraan di sepanjang Jalan Pancoran pada sepanjang badan jalan," katanya.

Ia mengatakan, parkiran kendaraan semuanya akan dipindahkan ke Jalan Gloria sehingga tidak ada lagi parkir kendaraan pada badan Jalan Pancoran.

"Penataan sepanjang Jalan Pancoran yang masuk kawasan Pecinan Glodok akan membuat masyarakat yang melintas menjadi nyaman dan tenang, terang dan representatif menjadi daerah wisata," katanya.

Selain itu, lanjut dia, saluran air terutama pada median jalan dan saluran-saluran lain di sekitar Jalan Pancoran akan dinormalisasi dan ditata ulang.

Baca juga: Ruas Utara Jalan Pancoran Glodok ditutup dua hari untuk festival Cap Go Meh

Selain itu, lanjut dia, lokasi berdagang para pedagang kali lima (PKL) di sepanjang trotoar Jalan Pancoran juga akan ditata lagi.

Penataan akan dilakukan oleh beberapa suku dinas (sudin) terkait di Jakarta Barat, seperti Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut), Sudin Bina Marga dan beberapa sudin lainnya.

Indra belum merinci anggaran untuk program itu, termasuk sumbernya dari mana.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023