Jakarta (ANTARA) - Raja Sapta Oktohari secara resmi mendeklarasikan diri untuk kembali mencalonkan diri sebagai bakal calon ketua umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) atau NOC Indonesia periode 2023-2027.

Bertempat di The Ritz Carlton, Jakarta, Rabu malam, Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari mengatakan pencalonan kali ini ditemani Masagoes Ismail Ning sebagai bakal calon wakil ketua umum KOI.

"Kami baru saja melaksanakan deklarasi Raja Sapta Oktohari bersama Ismail Ning untuk bakal calon ketua dan wakil ketua umum KOI. Kami berterima kasih kepada seluruh cabang olahraga yang telah memberikan dukungan," kata Okto.

Okto menyampaikan bahwa deklarasi ini bukan sekadar pencalonan jabatan. Lebih dari itu, untuk melanjutkan perjuangan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan Merah Putih di pentas dunia.

Baca juga: Okto dapat pujian atas dedikasi majukan olahraga Indonesia

Dia mengakui masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang belum terselesaikan. Salah satu yang dia soroti masih belum banyak perwakilan dari Indonesia di organisasi-organisasi olahraga untuk level Asia Tenggara, Asia, dan dunia.

"Jumlah kualifikasi untuk Olimpiade juga masih perlu ditambah. Semoga kita mencetak sejarah baru di Olimpiade 2024 dengan menambah kualifikasi atlet dan jumlah perolehan medali emas," ujar Okto menambahkan.

Okto mengucapkan terima kasih kepada cabang olahraga yang telah memberikan dukungan baik dari cabang Olimpiade maupun non-Olimpiade.

"Kami sadari betul ini adalah fase pertama. Masih jauh dari cita-cita kita semua. Sebab, tujuannya bukan hanya duduk menjadi ketua dan wakil ketua umum. Tetapi lebih sering mendengarkan lagu Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih tegak di panggung-panggung dunia," ujar Okto.

Baca juga: Raja Sapta Oktohari dipastikan maju lagi jadi Ketua Umum KOI
Baca juga: KOI siap diplomasi dengan FIG tingkatkan prestasi senam Indonesia


Senada, Ismail Ning juga mengungkapkan perlu melanjutkan perjuangan selama empat tahun yang sebelumnya menjabat sebagai executive committee NOC Indonesia.

"Kami akan melanjutkan yang sudah kami rintis selama empat tahun ini. Ini adalah proses dan proses itu harus berkesinambungan. Saya siap mendampingi ketua umum," ujar Ismail Ning.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pemenangan Calon Ketua Umum KOI Maruli Simanjuntak mengatakan Okto dan Ismail Ning mendapat dukungan dari mayoritas pemilik suara.

"Sampai sekarang belum dapat jumlahnya, tetapi untuk persyaratan sudah terpenuhi yakni 30 poin. Jadi cabang olahraga Olimpiade itu memiliki nilai tiga dan non-Olimpiade satu poin. Kami melihat 70-80 persen telah memberikan dukungan," ujar Maruli kepada ANTARA.

Pemilihan ketua umum dan wakil ketua umum KOI periode 2023-2027 akan dilaksanakan dalam kongres NOC Indonesia pada 30 Juni.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023