Balikpapan (ANTARA) - Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Melalan, Melak, Kutai Barat, bersama Wings Air terus mematangkan rencana pembukaan kembali rute penerbangan dari Bandara Melalan, Melak ke Bandara Sepinggan di Balikpapan.

"Kami berharap penerbangan itu sudah ada mulai pertengahan Juni ini," kata Kepala UPBU Melalan Indra Rohman, di Balikpapan, Rabu.

Indra menjelaskan, UPBU Melalan bersama tim Wings Air saat ini sudah menyiapkan hal-hal yang diperlukan di Bandara. Mulai dari landasan pacu sepanjang 1.300 meter hingga pemeriksaan kembali kelayakan peralatan navigasi. Sampai saat ini semua dinyatakan siap pakai dan layak beroperasi kembali.

Menurut perwakilan Wings Air, Station Manager Odhe Irawan, Wings Air akan menggunakan pesawat ATR-72 untuk rute tersebut. Pesawat ini merupakan pesawat berbaling-baling dengan kapasitas 72 penumpang dan 4 awak pesawat.

Odhe menambahkan, untuk sementara ini pihaknya masih menghitung harga tiket yang akan ditawarkan. Termasuk juga apakah harga tiket termasuk dengan harga bagasi. Begitu pula dengan frekuensi penerbangan yang mungkin dilayani.

“Untuk sementara kami mulai dengan 2 kali seminggu sambil melihat respon masyarakat,” kata Odhe.

Jarak udara Balikpapan-Melak, atau persisnya dari Bandara Sepinggan di Balikpapan dengan Bandara Melalan, Melak, lebih kurang 400 km, yang dapat ditempuh ATR dalam satu jam terbang. Dari Balikpapan pesawat terbang ke arah barat laut untuk menuju Melak, atau kalau dari Melalan ke tenggara untuk menemukan Balikpapan di pesisir timur.

“Kami sudah menantikan lama ada penerbangan lagi,” kata Ketua Komisi III DPRD Kutai Barat Yono Rustanto Gamas.

Sebelum ini ada maskapai Kalstar yang melayani rute tersebut, yang pada puncaknya menyediakan hingga 2 penerbangan per hari. Namun sebab berbagai hal, serta ditambah kemudian krisis ekonomi dan wabah COVID-19, penerbangan dihentikan.

Saat ini juga kondisi jalan Trans Kalimantan poros tengah yang menghubungkan Melak dengan Tenggarong, Samarinda, dan Balikpapan, tengah rusak parah. Sejak lepas dari Kota Bangun di Kutai Kartanegara, badan jalan berlubang-lubang besar.

“Karena itu penerbangan akan benar-benar jadi pilihan selain transportasi lewat darat dan sungai,” kata Yono.

Baca juga: Super Air Jet ekspansi penerbangan langsung rute Manado-Balikpapan

Baca juga: Susi Air layani rute penerbangan Balikpapan-Mamuju

Baca juga: Bandara Bulungan buka rute Tanjung Selor-Balikpapan

 

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023