Ambon (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mencanangkan Gerakan Ambon Bersih yang merupakan bagian dari program nasional Gerakan Indonesia Bersih.

Menteri Lingkungan Hidup mengatakan Ambon memiliki lokasi yang strategis dan menyimpan potensi wisata alam yang indah. Karena itu, dia berharap Gerakan Ambon Bersih yang bertema "Selamatkan Lingkungan Kita" bisa berjalan lancar.

Sementara itu, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan Gerakan Ambon Bersih memang terinspirasi dengan Gerakan Indonesia Bersih yang dideklarasikan Wakil Presiden Boediono November lalu.

"Gerakan Ambon Bersih sebenarnya penegasan dari program yang sudah berjalan sebelumnya, yaitu Jumat Pagi Bersihkan Lingkungan yang disingkat Jumpa Berlian. Kegiatan rutin setiap Jumat pagi itu merupakan komitmen Pemerintah Kota Ambon terhadap kebersihan lingkungan," katanya.

Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya berada di Ambon untuk membuka Rapat Koordinasi Regional Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Ekoregion Sulawesi-Maluku dan Pencanangan Gerakan Ambon Bersih.

Saat mencanangkan Gerakan Ambon Bersih di Islamic Center Ambon, Menteri Lingkungan Hidup juga sempat menanam pohon di halaman Islamic Center.
(D018)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013