Washington (ANTARA News) - Seorang pejabat senior Amerika Serikat dari Departemen Keuangan akan melakukan perjalanan ke Moskow, Rusia, untuk menghadiri Pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral Kelompok 20 (G20) akhir pekan ini, Departemen Keuangan AS mengatakan Senin.

Wakil Menteri Keuangan untuk Urusan Internasional Lael Brainard akan menghadiri pertemuan yang dijadwalkan pada 15-16 Februari, kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Brainard akan bertemu dengan mitra internasional dari ekonomi-ekonomi terbesar di dunia untuk membahas langkah-langkah meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi global, kata departemen.

Brainard pada Senin mendesak negara-negara terkemuka di dunia untuk menghindari persaingan devaluasi mata uang mereka yang akan menggelincirkan pemulihan ekonomi global.

G20 harus memenuhi komitmen untuk tindakan bahwa kurs nilai tukar ditentukan oleh pasar dan "menahan diri dari persaingan devaluasi". Mendorong permintaan harus menjadi prioritas utama bagi para pembuat kebijakan untuk mempercepat pertumbuhan global yang lemah, Brainard mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers.

Para ahli khawatir bahwa serangkaian langkah pelonggaran moneter baru-baru ini yang diambil oleh bank sentral beberapa negara maju akan memicu perlombaan devaluasi mata uang mereka dan proteksionisme perdagangan babak baru. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013