Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta pimpinan di setiap Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkup Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menjadi transformator Merdeka Belajar.

“Dukungan pimpinan di UPT lingkup Ditjen Pendidikan Vokasi diperlukan untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan vokasi sejalan dengan semangat Merdeka Belajar,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemerintah lakukan transformasi pendidikan lewat Merdeka Belajar

Kiki mengatakan UPT di lingkungan Kemendikbudristek memiliki peran yang sangat penting dalam menjamin mutu pendidikan, peningkatan pemberdayaan, dan pengembangan keterampilan guru, tenaga kependidikan, dan calon kepala sekolah.

Salah satu upaya membentuk pimpinan UPT menjadi transformator Merdeka Belajar adalah melalui Leadership Development Program (LDP) karena mampu memberikan wawasan, keterampilan, dan memperkuat jejaring antarsesama UPT di Kemendikbudristek.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek Iwan Syahril mengatakan peran UPT Kemendikbudristek sangat strategis dalam mendukung visi dan misi pemerintah untuk menjangkau khalayak Tanah Air.

Baca juga: Nadiem: Transformasi holistik poin pembelajaran dari Merdeka Belajar

"Oleh sebab itu, pemimpin di UPT harus menjadi pembelajar aktif yang bisa mengambil langkah-langkah efektif dalam menghadapi berbagai macam isu serta tantangan dalam implementasi Merdeka Belajar," katanya.

Sementara itu, Direktur SMK Wardani Sugiyanto mengatakan LDP bertujuan untuk meningkatkan keterampilan nonteknis, keterampilan manajerial, dan kepemimpinan dari kepala UPT.

Melalui pelatihan ini, pimpinan UPT diharapkan dapat mengelola dan memimpin tim dengan efektif, seperti dapat bekerja sama dengan tim, berpikir kritis, dan memecahkan masalah.

Baca juga: Dirjen: Semangat Ki Hajar Dewantara tertuang dalam Merdeka Belajar

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman serta peran UPT dalam mencapai tujuan di Kemendikbudristek dan memperkuat peran UPT dalam mengadvokasi peran UPT kepada pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2023