Makassar (ANTARA) - Perusahaan Daerah (PD) Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa Makassar mendatangkan ratusan ekor sapi dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), untuk memastikan stok hewan kurban bisa memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Plt. Dirut PD RPH Makassar Muhammad Idris di Makassar, Jumat, mengatakan ratusan ekor sapi dari Sumbawa akan memenuhi kebutuhan stok untuk warga Makassar.

"Sekitar 700 ekor sapi akan kita datangkan dan sebagian sudah masuk. Sisanya menyusul," ujarnya.

RPH Tamangapa sudah mendatangkan 150 ekor sapi dan segera menyusul lagi 50 ekor sebelum hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Baca juga: Baznas targetkan pengumpulan kurban capai 10.000 ekor

Baca juga: DPKP jamin hewan kurban di DIY aman dari PMK dan LSD


Dia menyebutkan sapi-sapi yang didatangkan itu dijamin kesehatannya dan pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan peternakan di Sumbawa untuk 700 ekor sapi.

Idris bahkan memastikan kesehatan ratusan ekor sapi itu. Tidak terjangkit dari penyakit. Setibanya di Makassar, juga harus melalui proses karantina kembali.

PD RPH dalam waktu dekat ini, bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Makassar akan memeriksa ulang kesehatan  sapi kurban itu.

"Sapi yang kami datangkan dari Sumbawa itu, ada bukti karantinanya, riwayat kesehatannya, ada barcode-nya," kata Idris.

Pihaknya sengaja mendatangkan ratusan ekor sapi itu dari Sumbawa. Sebab saat ini, Sumbawa masuk dalam zona hijau. Daerah yang dianggap bebas dari penyakit hewan ternak.

PD RPH Makassar tidak ingin mengambil risiko dengan mendatangkan sapi kurban dari daerah asal Sulsel. Karena, sudah ada sejumlah kasus penyakit hewan ternak ditemukan di Sulsel. Misalnya di Barru.

Dengan begitu, Idris mengimbau kepada masyarakat untuk tidak asal membeli dan memilih hewan kurban. Selain harus sehat, proses pemotongannya pun harus sesuai dengan syariat agama Islam.

"Di RPH kami siapkan beragam berat sapi dengan harga yang sudah kami tentukan. Dari berat 60 kilogram hingga 150 kilogram," kata Idris.

"Sudah ada yang pesan, puluhan via booking. Ada juga yang sudah sampaikan akan membeli mendekati Lebaran," ucapnya.*

Baca juga: RPH-DMI Surabaya bantu takmir masjid dapatkan hewan kurban terbaik

Baca juga: Ratusan hewan kurban dinyatakan sehat dan cukup umur

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2023